10 Tradisi 17 Agustusan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Kamis, 15 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
10 Tradisi 17 Agustusan...
Beberapa daerah di Tanah Air biasanya menyelenggarakan tradisi yang membuat perayaan HUT RI semakin meriah. Salah satunya Pawai Jampana. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perayaan HUT ke-79 RI sudah di depan mata. Tak hanya di IKN ataupun Jakarta, beberapa daerah lain di Indonesia juga turut memeriahkannya.

Beberapa daerah di Tanah Air biasanya menyelenggarakan tradisi yang membuat perayaan HUT RI semakin meriah. Nah, berikut beberapa tradisi unik perayaan HUT RI di berbagai daerah Indonesia, melansir dari laman Wonderful Indonesia.

1. Tirakatan, Jawa

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jawa, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tirakatan. Tirakatan adalah tradisi wajib yang biasa dilakukan setiap tanggal 16 Agustus malam.



Acara ini biasanya dihadiri oleh para sesepuh dan pejabat desa, serta warga setempat. Susunan acaranya meliputi pembacaan sajak atau mengenang jasa pahlawan, mengheningkan cipta, doa bersama, lalu kemudian dilanjutkan dengan makan bersama satu kampung.

Biasanya, dalam acara ini juga akan ada penyerahan hadiah untuk berbagai macam lomba yang sudah diadakan sebelumnya.

2. Pawai Jampana, Bandung

Selanjutnya adalah tradisi dari Bandung, Jawa Barat. Dalam menyambut HUT RI, masyarakat Kota Kembang biasanya akan mengadakan pawai yang disebut Pawai Jampana.

Dalam pawai ini akan ada tandu besar yang berisi aneka hasil bumi, hasil kerajinan masyarakat setempat, serta berbagai macam makanan. Hasil bumi yang ada pada tandu tersebut kemudian diperebutkan oleh peserta pawai dan warga yang ikut menyaksikan pawai.

Lalu, makanan yang juga ada pada tandu akan disantap bersama-sama. Wah, sungguh wujud persatuan dan kekompakan yang luar biasa, ya!

3. Obor Estafet, Semarang

Tradisi yang tidak kalah unik dan meriah juga dilakukan oleh warga Semarang, tepatnya di Kelurahan Papandayan, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah.

Masyarakat melakukan lari obor estafet. Acara ini sudah dilakukan sejak lama, kurang lebih 30 tahun. Yang menjadi peserta dalam lomba lari sambil membawa obor ini adalah para atlet terbaik di Semarang.

Melalui lomba obor estafet ini, masyarakat diharapkan dapat mencontoh semangat para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka dalam mengisi kemerdekaan.

4. Lomba Sampan Layar, Batam

Tidak kalah meriah dengan daerah lain, warga Batam juga memiliki permainan tradisional yang kemudian menjadi tradisi tahunan dalam rangka perayaan ulang tahun kemerdekaan, yakni lomba sampan layar.

Acara ini terus diselenggarakan setiap tahun sejak 1965. Lomba ini biasanya dilaksanakan setelah upacara peringatan HUT RI. Akan ada banyak perahu kayu warna-warni yang berlayar dan membuat suasana kian semarak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)