alexametrics

Peran Kakek dan Nenek Turut Pengaruhi Keberhasilan Ibu Menyusui

loading...
Peran Kakek dan Nenek Turut Pengaruhi Keberhasilan Ibu Menyusui
Dukungan nenek dan kakek turut mempengaruhi keberhasilan ibu menyusui dengan cara memberikan edukasi, waktu menjaga bayi dan menjamin kenyamanan ibu. (Insured Ameda Direct)
A+ A-
JAKARTA - Ketua Sentra Laktasi Indonesia (Selasi), dr. Lily S Sulistyowati mengatakan nenek dan kakek ikut mempengaruhi keberhasilan ibu menyusui. Dukungan nenek dan kakek dapat berupa edukasi kepada ibu menyusui, dukungan waktu menjaga bayi, dan menjamin keamanan serta kenyamanan kondisi ibu menyusui.

Dukungan nenek dan kakek diperlukan salah satunya untuk menghadapi tantangan kesehatan bayi di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta yang kondisinya menurut Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2019 masih di bawah target nasional.

''Keberhasilan menyusui tak hanya dipengaruhi oleh ibu dan ayah tapi dipengaruhi juga oleh perlindungan dari nenek dan kakek,'' kata dr. Lily.



Di DKI Jakarta, hasil Riskesdas 2018 menunjukkan untuk berat badan lahir 6,1% tidak jauh dari target nasional 6,2%. Kurang energi kronik pada wanita usia subur 13,2%. Sementara target nasional 17,3%, sedangkan inisiasi menyusui dini DKI Jakarta 80% sudah melampaui target nasional 58,2%.

''Menyusui adalah investasi terbaik untuk meningkatkan kesehatan anak. Maka diperlukan perlindungan sosial mulai dari rumah, tempat kerja, dan tempat publik, nenek, kakek, pimpinan kerja, teman, dan kelompok pendukung serta pihak lain untuk keberhasilan menyusui,'' papar dr. Lily.

Pada kesempatan yang sama, Dra. Dewi Odjar Ratna Komala, seorang pengusaha sekaligus nenek dari 3 cucu mengaku telah mengenalkan ASI pada anaknya sejak remaja. Bahkan ketika anaknya melahirkan mereka selalu berdiskusi tentang ASI.

''Saya mungkin orang beruntung karena saya tahu tentang ASI, anak saya dua, cucu tiga. Semuanya anak ASI. Jadi, menantu maupun anak saya tidak bermasalah ASInya karena sejak mereka sebelum hamil sudah saya kenalkan dengan ASI. Kita selalu diskusi tentang ASI. Saya suka ajak mereka ke seminar-seminar ASI,'' ujar Dewi.

Dukungan dari nenek dan kakek dalam memberikan ASI akan memberikan kenyaman pada ibu menyusui, tidak membuat ibu tertekan, sehingga ASI keluar dengan lancar.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak