Prabowo Subianto Pakai Baju Adat Ujung Serong Khas Betawi di HUT ke-79 RI IKN

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 11:30 WIB
loading...
Prabowo Subianto Pakai...
Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengenakan baju adat khas Betawi saat menghadiri peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024). Foto/Tangkapan Layar YouTube
A A A
JAKARTA - Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengenakan baju adat khas Betawi saat menghadiri peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024).

Pakaian yang dikenakan Prabowo merupakan baju adat bangsawan Betawi, yakni Ujung Serong, dengan atasan dan bawahan berwarna hitam yang dilengkapi kain batik serta hiasan kuku macan di saku jas.

Baju adat Prabowo Subianto pada peringatan HUT ke-79 RI di IKN ini mirip dengan yang dikenakan Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR yang digelar kemarin. Hanya ada sedikit perbedaan.


Prabowo Subianto Pakai Baju Adat Ujung Serong Khas Betawi di HUT ke-79 RI IKN

Tangkapan Layar YouTube

Tidak seperti penampilan Jokowi kemarin yang mengenakan penutup kepala berupa songkok hitam, Prabowo Subianto memilih mengenakan blangkon Betawi berwarna cokelat. Kain batik cokelat yang terikat di pinggangnya pun terlihat lebih panjang menjuntai ke bawah. Sementara pada penampilan Jokowi kemarin kain batik yang melekat sedikit lebih naik ke atas.

Untuk diketahui, dalam kebudayaan Betawi, pakaian Ujung Serong sering kali dikenakan oleh para tetua adat, tokoh masyarakat, dan pria dewasa dalam acara-acara penting seperti pernikahan, upacara adat, atau saat menghadiri acara resmi lain.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)