alexametrics

Jalur Pendakian Manado Tua Jadi Alternatif Wisata di Bunaken

loading...
Jalur Pendakian Manado Tua Jadi Alternatif Wisata di Bunaken
Jalur pendakian di Pulau Manado Tua di kawasan Taman Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, bisa menjadi alternatif wisata selain snorkelling atau diving. (Istimewa)
A+ A-
MANADO - Manado bukan hanya tempat untuk berwisata bahari. Banyak lokasi di daratan yang tak kalah cantik untuk bisa dieksplorasi. Salah satunya adalah di Manado Tua. Para pengunjung bisa melakukan pendakian di kawasan ini.

Pendakian di Manado Tua ini adalah alternatif bagi pengunjung yang datang ke Taman Nasional Bunaken. Manado Tua meruapakan salah satu pulau di kawasan Taman Nasional Bunaken ini sudah memiliki jalur pendakian. Secara administratif, pulau dengan ketinggian 800 mdpl ini masuk Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado.

Pendakian di Manado Tua ini bisa dilakukan melalui Kelurahan Manado Tua II dengan panjang jalur 1.500 m sampai signage. Ini merupakan jalur yang lebih pendek dibanding dari jalur Manado Tua I ke signage yang sepanjang 2.300 m. Selama perjalanan melewati jalur pendakian, pengunjung akan mendapatkan pemandangan indah Teluk Manado, dengan punggung Pulau Bunaken.



Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari saat pengecekan jalur pendakian tanggal 5 September 2019, menjelaskan jika saat ini pihaknya dalam tahapan penyelesaian pembangunan signage. "Lokasi ini akan menjadikan salah satu spot swafoto untuk wisatawan," ujarnya, Minggu (8/9/2019).

Pada bagian atas, ada signage yang menghadap ke arah Timur Laut. Kemudian ada signage yang menghadap ke laut. Dari ini, pengunjungbisa dengan bebas melihat Bunaken dan Kota Manado. Jalur pendakian yang disiapkan juga tidak terlalu ekstrem, cukup bersahabat bila datang bersama keluarga.

"Dalam penyiapan jalur pendakian kami melibatkan masyarakat serta elemen mitra untuk menyiapkan wisata alam pendakian di Manado Tua. Untuk masing-masing jalur pendakian, dibantu dan disiapkan oleh masyarakat yang bermukim di Kelurahan Manado Tua I dan Kelurahan Manado Tua II, kami berharap peningkatan obyek wisata alam di Taman Nasional Bunaken juga akan menambah peningkatan perekonomian masyarakat lokal," kata Farianna.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak