Pulau Pramuka Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024, Sandiaga Uno Nikmati Alam Bawah Lautnya

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 23:01 WIB
loading...
Pulau Pramuka Masuk...
Pulau Pramuka masuk 50 besar ADWI 2024. Hal ini dapat mendukung perkembangan pariwisata di Kepulauan Seribu. Foto/ MPI
A A A
JAKARTA - Pulau Pramuka masuk 50 besar Desa Wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Tentunya hal ini dapat mendukung perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu.

Apalagi, untuk mencapai raihan ini tidak mudah, Pulau Pramuka harus bersaing dengan 60.000 Desa Wisata di Indonesia.

Pulau Pramuka sendiri memiliki wisata air yang menakjubkan, seperti keindahan terumbu karang hingga pesona hamparan mangrove. Ada juga kuliner lokal yang siap menggoyang lidah wisatawan.

Dalam tinjauannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah menjajal sejumlah destinasi wisata di Pulau Pramuka.

Sandiaga juga sempat melakukan snorkeling sambil mengibarkan bendera di laut terdalam Pulau Pramuka dalam rangka memperingati HUT ke-79 Indonesia.

"Kita tadi sudah wisata sejarah, wisata bahari, penanaman terumbu karang, sudah melakukan pengibaran bendera di bawah air terdalam, sedalam 15 meter," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengaku bangga dengan capaian Pulau Pramuka yang masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik pada ajang ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2024.

"Saya ingin mengucapkan selamat karena kepulauan seribu ini punya potensi memajukan pariwisata dan ekonomi, selain itu kuta baru meresmikan Desa Wisata Pramuka sebagai salah satu desa terbaik dari ADWI 2024," tuturnya.

Lebih dari 85 persen masyarakat Pulau Pramuka sendiri bergerak di bidang wisata, seperti transplantasi terumbu karang yang memiliki penghasilan Rp40 juta per bulan.

Ada juga pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang menjual beberapa sejumlah makanan lokal hingga cenderamata asli Kepulauan Seribu.

Sandi pun tak menyia-nyiakan kunjungannya untuk memborong beberapa produk UMKM di Pulau Pramuka.

"Saya nggak mau ke sini hanya Rohali, rombongan hanya lihat-lihat, saya ingin menjadi Rojali, rombongan yang jajan-jajan dan jadi beli produk ekonomi kreatif," ucapnya sambil berkelakar.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)