7 Gejala Awal Demensia, Mulai Menyerang Anak Muda Usia 30-an

Senin, 19 Agustus 2024 - 08:33 WIB
loading...
7 Gejala Awal Demensia,...
Ada satu jenis demensia yang dapat menyerang anak muda, yakni demensia dini. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Demensia sering dikaitkan dengan usia tua karena kondisi ini umumnya menyerang orang dewasa yang lebih tua. Namun, ada satu jenis demensia yang dapat menyerang orang pada usia yang jauh lebih muda, demensia dini.

Bentuk penyakit ini biasanya berkembang pada mereka yang berusia di bawah 65 tahun. Bahkan, penyakit ini diketahui dapat menyerang mereka yang berusia tiga puluhan.



Para ahli kesehatan tidak yakin apa yang memicu gangguan berbahaya tersebut pada seseorang yang masih sangat muda dan saat ini belum ada obatnya. Namun, sejumlah tanda dan gejala dapat menunjukkan keberadaannya sejak dini. Anda pun perlu mewaspadainya.

Apa itu demensia dini?
Demensia dini digunakan untuk menggambarkan segala bentuk demensia yang berkembang pada orang yang biasanya berusia antara 30 hingga 65 tahun.

Efek demensia
Demensia bukanlah penyakit tertentu, melainkan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan degenerasi otak yang menyebabkan penurunan progresif kemampuan seseorang untuk berpikir, bernalar, berkomunikasi dan mengingat.

Tanda-tanda awal demensia dini

1. Mulai lupa
Tanda dan gejala demensia dini memiliki sejumlah indikator. Ini termasuk kehilangan ingatan yang mengganggu rutinitas sehari-hari, khususnya informasi yang baru dipelajari atau tanggal-tanggal penting.

2. Bingung
Kebingungan, misalnya meminta informasi yang sama berulang-ulang, dapat menjadi indikasi kondisi demensia dini.

3. Kesulitan memecah masalah sederhana
Kesulitan melakukan pekerjaan sehari-hari dan memecahkan masalah-masalah dasar, mulai memasukkan benang ke jarum hingga mengikuti resep, menjadi gejala-gejala awal demensia dini.

4. Perilaku yang diulang-ulang
Perilaku berulang-ulang, seperti mengklik pulpen yang dapat ditarik tanpa henti, merupakan tanda bahaya bahwa ada sesuatu yang salah.

5. Menjauh dari teman dan keluarga
Menjauh dari teman dan keluarga, serta dari pekerjaan dan situasi sosial, sering kali menjadi indikator bahwa kondisi tersebut sebagai gejala yang harus diwaspadai.



6. Kehilangan kemampuan berpikir jernih
Jika Anda mulai kesulitan mengikuti percakapan atau menemukan kata yang tepat untuk sesuatu, juga merupakan gejala potensial demensia dini.

7. Perubahan perilaku
Seiring perkembangan kondisi, mereka yang mengalami demensia dini mulai menunjukkan perubahan perilaku yang nyata, bertindak dengan cara yang aneh dan kurang masuk akal.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)