alexametrics

Lima Tempat Wisata Kuliner Nikmat dan Murah di Balikpapan

loading...
Lima Tempat Wisata Kuliner Nikmat dan Murah di Balikpapan
Jangan sampai terlewatkan untuk menikmati sajian kuliner populer di Balikpapan. / Foto: Instagram @kepitingdandito
A+ A-
JAKARTA - Indonesia dikenal kaya akan perpaduan wisata alam dan wisata kuliner yang memanjakan lidah para wisatawan. Masing-masing daerah di Nusantara mempunyai ragam kuliner yang menggiurkan, tak terkecuali Balikpapan di Kalimantan Timur.

Mengalami rasa lelah setelah mengunjungi tiap sudut Balikpapan, ada baiknya untuk menambah energi dengan istirahat dan makan kuliner yang lezat. Dan jangan sampai terlewatkan untuk menikmati sajian kuliner Balikpapan, yang terkenal dengan bahan dari kepitingnya.

Tidak perlu bingung untuk mencari lokasi wisata kuliner menarik di Balikpapan, karena terdapat sejumlah rekomendasi tempat wisata kuliner yang bisa Anda cicipi, antara lain:



1. Restoran Dandito

Apabila kebetulan melintas di Jalan Marsma R Iswahyudi, jangan lupa untuk singgah ke Restoran Dandito. Anda bisa mencicipi kuliner laut yang lezat, terutama menu kepiting yang menjadi andalan. Restoran ini memiliki resep khas untuk pembuatan sausnya yang berbeda dari masakan kepiting di tempat lain. Sausnya yang kental dan berwarna merah tersebut terbuat dari campuran cabai, jahe, tomat, bawang, dan gula merah.

Nikmati kepiting khas Dandito dengan roti mantau yang terbuat dari tepung beras dan ragi. Selain kepiting saus Dandito, ada pula varian rasa seperti kepiting asparagus, kepiting lada hitam, dan kepiting goreng bumbu bawang. Pilihan menu laut lainnya adalah udang, ikan cakalang, dan gurami. Tutup dengan menenggak es kelapa muda yang segar.

2. Depot Simpang Empat

Depot Simpang Empat terletak di Jalan Letjen Soeprapto No 6, Balikpapan. Rumah makan ini populer dengan menu sapi lada hitam dan mantaunya. Harganya pun tidak terlalu mahal dan Anda sudah mendapatkan cita rasa masakan mewah. Depot ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 14.00 dan 17.00 sampai 22.00 waktu setempat.

Cita rasa mantau yang empuk dipadu dengan saus lada hitam dan daging sapi pasti membuat Anda ketagihan. Restoran ini memang cenderung lebih banyak menjual makanan khas Tiongkok. Menu unik lainnya adalah daging rusa lada hitam dan kwetiau tom yam ayam.

3. Rumah Makan Torani

Rumah makan ini menyediakan menu-menu berporsi besar dengan harga terjangkau. Hidangan laut mulai dari kepiting, bandeng, kerang, udang, ikan air tawar, hingga cumi-cumi ada di restoran ini. Temukan restoran ini di Jalan Jenderal Sudirman No 73, Balikpapan.

4. Restoran Kepiting Kenari

Satu lagi restoran dengan hidangan laut sebagai menu andalannya. Sesuai namanya, menu utama di restoran ini adalah kepiting atau lebih tepatnya kepiting saus lada. Restoran Kepiting Kenari buka setiap hari pada jam 08.30-21.30. Anda bisa menjumpai restoran ini di jalan Marsma R Iswahyudi No 4, Balikpapan. Suasananya yang nyaman dan santai cocok untuk keluarga dan anak-anak.

5. Depot Cendrawasih

Kenal dengan soto banjar? Hidangan khas Kalimantan Selatan ini bisa Anda temukan di Balikpapan. Depot Cendrawasih terkenal dengan menu soto banjarnya yang lezat. Setelah selesai dengan soto banjar, Anda bisa memesan es campur yang menyegarkan. Letak rumah makan ini berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 46.

Jika hendak melakukan perjalanan ke Balikpapan, Anda bisa membeli tiket pesawat di Airy. Dengan menjadi asisten dalam perjalanan pergi dan pulang, Airy menyediakan berbagai tiket dari beraneka ragam maskapai, seperti tiket pesawat Batik Air. Online travel agent ini mempunyai keunggulan refund dan reschedule, serta bebas dari penipuan.

Terkait makanan, Airy juga memberikan diskon sebesar Rp50 ribu dari KFC untuk tiap pembelian tiket pesawat. Untuk mengetahui lebih detailnya, bisa langsung kunjungi laman promo Airy.

Pembahasan tentang tempat-tempat wisata kuliner di Balikpapan di atas pastinya membuat Anda tidak sabar untuk berangkat. Ingat untuk merencanakan perjalanan dan menyiapkan bujet yang cukup sebelum pergi. Ayo, berangkat dan jangan lewatkan makan-makan asyik di Balikpapan!
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak