alexametrics

Raih Segudang Penghargaan, GFriend Bukan K-Pop Biasa

loading...
Raih Segudang Penghargaan, GFriend Bukan K-Pop Biasa
Raih Segudang Penghargaan, GFriend Bukan K-Pop Biasa. (Koreaboo).
A+ A-
BERANGGOTAKAN enam gadis cantik, GFriend meramaikan industri musik Korea Selatan. Segudang penghargaan telah diterima grup K-pop yang membuat mereka patut diperhitungkan.

Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji tergabung dalam grup Kpop GFriend yang dibentuk oleh Source Music pada 2015 silam. Debut musik mereka diawali dengan kehadiran album mini berjudul “Season of Glass” pada 15 Januari 2015. 12 hari sejak kemunculan perdananya, GFriend menerima sambutan yang cukup hangat.

Sejak saat itu, GFriend mendapat tempat di hati para penggemarnya yang mereka namakan Buddy. Berbagai lagu mereka juga mendapat posisi tinggi di tangga musik dan segenap program musik yang ada. Salah satu pencapaian grup ini adalah meraih Perfect All-Kill (PAK).



Album GFriend berhasil masuk dalam daftar tangga lagu mingguan Gaon di nomor 12 dan naik ke posisi 9. Ya, kehadiran kembali grup ini ditandai dengan meluncurkan mini album berjudul “Snowflake”. Gfriend mendapat Perfect All-Kill di berbagai tangga lagu online Korea sejak dirilisnya lagu Rough yang merupakan bagian dari album tersebut.

Lagu tersebut berada di puncak tangga lagu Melon Music selama 416 jam. Hal ini menjadikan GFriend grup K-pop kelima yang meraih Perfect All- Kill . Grup musik lainnya seperti BIGBANG, 2NE1, SISTAR, dan Miss A.

Seperti diketahui, PAK adalah pencapaian yang tidak banyak didapatkan oleh musisi atau idol K-pop yang berkarier di industri musik Korea Selatan. PAK bermakna bahwa sebuah lagu yang dirilis telah menempati urutan pertama di semua kategori grafik di chart musik Korea Selatan.

Tidak hanya grafik harian atau grafik real-time , juga grafik mingguan dan real time di iChart . Album “Snowflake” berada di posisi 10 pada “Billboard’s World Albums Chart” dan MV “Rough” di You T ube berada di peringkat ketiga dalam “Top 10 Most Viewed K-Pop Videos Around the World in January 2016”.

Setelah GFriend mendapatkan penghargaan atas lagu Rough di ajang The Show , sederet penghargaan lain pun mengekor. Mereka berhasil meraih 14 kemenangan lainnya di music show, termasuk triple crown pertama mereka di M Countdown, Music Bank, Show Champion , dan Inkigayo .

Lagu mereka, Rough , juga berada di peringkat pertama di “Gaon Chart’s First Half of 2016 chart rankings”. Pada awal tahun ini GFriend merilis full album kedua mereka yang bernama “Time for Us”. Sunrise menjadi salah satu track-nya yang dijagokan.

Album ini laris manis di pasaran dengan lebih dari 86.000 kopi terjual berdasarkan Gaon Chart. Time for Us juga bertengger di tangga lagu Billboard dunia yang berada di nomor 12. GFriend juga berhasil meraih enam kemenangan untuk lagu Sunrise di music show .

Nah, pada pertengahan tahun, tepatnya bulan Juli lalu, GFriend merilis mini album ketujuh mereka, “Fever Season”, dengan track utama Fever . Seperti grup musik lainnya, sebelum dikenalkan kepada publik, para personel GFriend haruslah menempa latihan yang cukup berat dari agensi mereka.

Sowon, misalnya, sebelum bergabung dengan Source Music, merupakan trainee DSP Media selama empat tahun. Lain lagi dengan SinB yang magang di BigHit Entertainment sebelum bergabung dengan Source Music. Sinb menerima pelatihan di BigHit Entertainment tak kurang dari lima tahun.

Adapun Yerin sebelumnya merupakan trainee di Cube Entertainment dan Fantagio. Adapun Yuju sebelumnya berpartisipasi dalam ajang Kpop Star 1. Yuju dahulu menjalani magang di Loen Entertainment dan Cube Entertainment selama sekitar 3-4 bulan sebelum akhirnya bergabung dengan Source Music.

Sementara Umji ditemukan oleh CEO So Sungjin di jalan dan memintanya untuk mengikuti audisi. Segala prestasi yang berhasil disabet GFriend menandakan grup musik ini berbeda dengan grup K-pop wanita lainnya yang telah lebih dulu muncul, sekaligus membuktikan bahwa mereka tidak hanya mengekor para seniornya. (Sri Noviarni)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak