alexametrics

Tiffany SNSD Ternyata Sudah Lama Mengidap Penyakit Skoliosis

loading...
Tiffany SNSD Ternyata Sudah Lama Mengidap Penyakit Skoliosis
Tiffany SNSD mengungkapkan dirinya mengidap skoliosis atau adanya lengkungan di samping tulang belakangnya. Kondisi ini nyaris menghambat kariernya sebagai idol. (ETOnline)
A+ A-
JAKARTA - Tiffany SNSD mengungkapkan jika dirinya mengidap skoliosis atau kondisi di mana terjadi lengkungan di samping tulang belakang. Tiffany mengakui kondisinya itu saat wawancara dengan Hankook Ilbo setelah perilisan single terbarunya bertajuk Magnetic Moon dan konser Open Hearts Eve bulan lalu di Seoul.

"Sebenarnya, saya menderita skoliosis, tapi saya baru mengungkapkan ini untuk kali pertama setelah promosi single baru saya. Rasa sakit dan kelemahan itu menjadi kekuatan bagi saya," kata Tiffany seperti dilansir dari Koreaboo.

"Saya berlatih dua kali lebih banyak daripada orang lain, menjaga kesehatan saya, dan menjadi sedikit terobsesi dengan fashion. Itu untuk menutupi itu (skoliosis)," tambahnya.



Kendati demikian, Tiffany tidak ambil pusing dengan penyakit yang diidapnya. Bahkan, dia mengklaim telah berhasil mengatasi skoliosis yang diidapnya dan ingin membantu mereka yang masih muda untuk tetap aktif dan menjalani kegiatannya. Sayangnya, kesadaran terhadap penyakit ini dinilai Tiffany masih sangat rendah.

"Daripada merasa 'saya seharusnya tidak membiarkan orang lain tahu tentang rasa sakit saya,' saya malah berpikir sebaliknya, yaitu 'saya adalah saya hari ini karena saya telah mengatasi skoliosis'. Saya juga ingin membantu orang muda dengan ini jika saya bisa. Ada banyak atlet, balerina, atau model juga yang menderita karena skoliosis. Tapi, tidak ada banyak kesadaran tentang ini," papar dia.

Tiffany melanjutkan, dulu, dokter mengatakan kepadanya, dia tidak akan bisa debut sebagai seorang idol karena skoliosis yang diidapnya. Namun, Tiffany menolak pendapat dokter tersebut dengan berpikir positif dan melakukan sejumlah penyesuaian terkait kondisinya.

“Ketika saya masih muda, saya diberitahu (oleh dokter) bahwa sepertinya saya tidak akan bisa debut. Saya kemudian berkata 'tidak’. Saya baik-baik saja. Saya akan mengelola ini dan melakukan yang lebih baik'. Saya menyesuaikan segala sesuatu tentang diri saya, seperti tubuh saya, kesehatan saya, dan bahkan bagaimana saya bernapas dan berdiri," ujar dia.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak