alexametrics

Kangen Makan Gemblong? Ini Resep Membuatnya

loading...
Kangen Makan Gemblong? Ini Resep Membuatnya
Gemblong menjadi cemilan yang digamari banyak orang karena rasa manis dari gula jawa yang dikombinasikan dengan ketan. Membuatnya pun mudah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Gemblong merupakan makanan tradisional Indonesia yang masuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Cemilan yang satu ini memang digamari banyak orang karena rasa manis dari gula jawa yang dikombinasikan dengan ketan.

Seperti diketahui, gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Kemudian adonan gemblong yang sudah dibentuk bulat digoreng dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren.

Di daerah Jawa Timur, gemblong dikenal dengan nama getas. Meskipun memiliki rasa yang sama, getas terbuat dari ketan hitam, sedangkan gemblong terbuat dari ketan putih. Tertarik untuk mencicipi gemblong untuk camilan hari ini? Berikut resep membuat gemblong seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.



Bahan-bahan:
300 g tepung ketan putih
50 g tepung beras
100 g kelapa parut
200 ml santan
Garam
Minyak
Air

Bahan pelapis:
250 g gula merah
50 g gula pasir
Air
Garam
2 lbr daun pandan

Cara membuat:
Campurkan tepung beras, tepung ketan putih, garam dan kelapa parut kasar ke dalam mangkuk. Aduk rata dan tumbuk hingga kelapa parut sedikit hancur. Campurkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni hingga kalis.

Bentuk adonan. Goreng adonan di minyak panas dengan api sedang hingga matang. Angkat dan tiriskan. Pelapis, rebus gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan dengan sedikit air hingga mengental. Masukkan kue gemblong hingga terlapisi semua bagian kue gemblong. Angkat dan diamkan hingga gulanya mengeras. Gemblong siap dihidangkan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak