Satu Dekade, Klinik Hayandra Perluas Fasilitas Layanan Kesehatan

Minggu, 15 September 2019 - 10:50 WIB
Satu Dekade, Klinik Hayandra Perluas Fasilitas Layanan Kesehatan
Satu Dekade, Klinik Hayandra Perluas Fasilitas Layanan Kesehatan
A A A
JAKARTA - Klinik Hayandra yang berada di bawah naungan Yayasan Hayandra memperingati hari jadi yang ke 10 dengan tema “Satu Dekade Untuk Indonesia Sehat di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan.

Yayasan Hayandra Peduli didirikan oleh dr. Ratna H. Purwoko, SpKK, FINSDV, seorang dokter spesialis kulit, bersama dengan putrinya, Dr. dr. Karina, SpBP-RE, seorang dokter spesialis bedah plastik yang juga menyandang gelar Doktor di bidang Biomedik.

Chairwoman Yayasan Hayandra Dr. dr. Karina, SpBP-RE, mengatakan, Yayasan Hayandra Peduli dibangun dengan visi menjadi satu uluran tangan bagi kemanusiaan di Indonesia dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kurang atau tidak mampu dalam memperoleh hak mereka untuk mengakses layanan kesehatan spesialistik.

Di awal pendiriannya, Yayasan Hayandra Peduli melakukan berbagai macam kegiatan bakti sosial, termasuk bakti sosial operasi sumbing bibir dan langit-langit mulut dan pemeriksaan mata.

“Pada tahun 2013, Yayasan Hayandra Peduli memutuskan untuk fokus ke layanan operasi sumbing dan langit-langit mulut, dengan mengusung program 'Miles of Smiles' yang dilakukan tidak hanya di Jakarta, namun juga kota-kota lain di seluruh Indonesia, seperti Kupang, Ende, Lampung, Bengkulu, Gorontalo, Padang, Pontianak, Pekalongan, bahkan sampai ke Jayapura,” kata Karina di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019).

Dalam perkembangan selanjutnya, Yayasan Hayandra Peduli membangun Klinik Hayandra dan HayandraLab yang bertempat di Jl. Kramat 6, Jakarta Pusat. Dengan visi dan misi menyediakan pelayanan kesehatan yang efektif, efisien dan aman, serta diakui baik secara nasional maupun internasional,bermula dari layanan kulit dan bedah plastik, saat ini Klinik Hayandra telah memperluas layanan spesialistiknya, meliputi : Layanan bedah minimal invasif, Layanan penyakit dalam dan saraf (neurologi), Layanan laser dan anti aging, Layanan gigi spesialistik, Layanan psikologi, Layanan terapi sel autologus (dari diri sendiri)

HayandraLab telah menjadi laboratorium yang secara resmi berizin untuk menyelenggarakan pengolahan sel untuk aplikasi klinis. Kami juga mengerti akan pentingnya riset yang berkesinambungan dalam mendukung layanan terapi yang aman, efektif dan efisien. Terapi sel di Indonesia sesuai dengan Permenkes no. 32 tahun 2018, mengikuti kaidah riset berbasis layanan.

“Teknologi baru yang sudah dapat dilakukan ke pasien sambil menjalankan riset untuk mendapatkan data ilmiah. Oleh karena itu dalam acara ini kami melakukan launching Hibah Riset Hayandra yang diharapkan dapat berguna bagi para peneliti yang tertarik untuk bersama-sama dengan Hayandra mengembangkan teknologi terapi sel di Indonesia, sehingga mampu menjadi tuan rumah di negara sendiri," urainya.

HayandraLab memiliki fasilitas pengolahan sel autologus (sel yang berasal dari pasien sendiri).

Produk sel autologous yang diproses di HayandraLab dapat digunakan untuk tujuan penelitian dan pelayanan terstandar di rumah sakit, klinik, atau fasilitas kesehatan yang berizin. Rancang bangun dan penetapan sistem manajemen dan operasional HayandraLab mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pengolahan Sel Punca untuk Aplikasi Klinis," jelasnya.

Layanan Bedah Kecantikan dan Psikologi
Klinik Hayandra juga memiliki sejumlah layanan lainnya, seperti terapi dengan PRP( Platelet-Rich Plasma) yang dapat digunakan baik untuk terapi anti aging, maupun terapi kesehatan lainnya.

Salah satu fungsi PRP yang saat ini ramai dibicarakan adalah fungsinya dalam anti aging dan estetika, yang telah mengkombinasikan PRP dengan microneedling yang secara awam dikenal sebagai vampire facial. PRP secara luas juga telah dikombinasikan dengan terapi laser, baik untuk muka maupun rejuvenasi vagina, juga dapat dikombinasikan dengan fat grafting, yaitu transfer lemak tubuh pasien sendiri ke area yang membutuhkan, seperti garis senyum atau pipi.

PRP bahkan dapat mempercepat penyembuhan luka bakar sehingga diharapkan menghasilkan bekas luka yang lebih samar. Layanan lain yang juga bisa memberikan solusi sehat dan estetik di Klinik Hayandra adalah bedah Plastik di bidang rekonstruksi dan estetik serta bedah minimal invasif dengan laser. Layanan pendampingan psikologi dalam terapi paliatif dan terapi psikologi umum juga dapat diberikan untuk memberikan dorongan moril yang dapat membantu pasien menjadi pulih atau dapat menjalankan perawatan dengan lebih baik.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7986 seconds (0.1#10.140)