alexametrics

Trik Menjalani Diet Seimbang untuk Menjaga Berat Badan

loading...
Trik Menjalani Diet Seimbang untuk Menjaga Berat Badan
Menjalani diet seimbang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi mereka yang ingin melakukannya dengan cepat. Hal ini menjadi sangat sulit diwujudkan. Foto/Istimewa.
A+ A-
NEW DELHI - Tingginya prevalensi gaya hidup dikaitkan dengan bertambah berat badan yang cepat. Akibatnya, tren diet ketat menjadi sangat populer, utamanya mereka yang mencari "mukjizat" untuk menurunkan berat badan.

Sementara, tak sedikit yang dibutakan dalam tujuan unilateral untuk menurunkan berat badan dan dianatar mereka tidak menyadari bahwa tidak ada mukjizat atau jalan pintas untuk menurunkan berat badan dalam kehidupan nyata.

"Untuk mempercepat penurunan berat badan, diet ketat meminimalkan asupan lemak yang mengurangi penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K. Pada gilirannya, hal ini mengurangi banyak mineral dan vitamin penting dalam tubuh. Ini memiliki implikasi negatif pada sistem kekebalan tubuh seseorang dan dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit,” kata Jitendra Chouksey, pelatih kebugaran di Squats seperti dilansir The Indian Express.



“Ketika tubuh tidak dapat menyerap vitamin D, secara otomatis mulai melelahkan kalsium dari tulang. Makan dengan diet terbatas juga mengurangi kepadatan mineral tulang. Ini dapat melemahkan tulang, yang meningkatkan kemungkinan penyakit seperti osteoporosis dan patah tulang,” tambah dia.

Sementara, agar bisa mempertahankan diet seimbang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai meningkatkan asupan protein hingga sabar dalam upaya menjalani program penurunan berat badan.
1. Menciptakan defisit kaloriJika Anda meningkatkan pengeluaran energi hingga melebihi kalori yang dikonsumsi, Anda bisa membuat defisit kalori. Ini akan mendorong tubuh untuk menggunakan cadangan lemak dan menurunkan berat badan berlebih dalam prosesnya. Untuk hasil yang seimbang, Anda perlu memeriksa bahwa Anda tidak meninggalkan kelompok nutrisi apapun.

2. Meningkatkan asupan protein
Protein memiliki efek panas yang tinggi terhadap makanan yang memberi Anda perasaan kenyang untuk waktu yang lama. Tingkatkan asupan protein Anda saat melakukan diet penurunan berat badan. Ini membantu menjaga massa otot dan mencegah rasa lapar.

3. Lakukan latihan kekuatan
Jika Anda bertujuan membangun otot tanpa lemak dan meningkatkan metabolisme, maka jadikan latihan ketahanan sebagai bagian dari rutinitas latihan Anda. Ini memastikan bahwa Anda kehilangan persis apa yang Anda inginkan - gemuk.

4. Sabar dan konsisten
Jangan mencari hasil instan dan diet mode. Sebaliknya, bekerja secara konsisten hari demi hari. Kehilangan lemak membutuhkan waktu dan upaya yang serius. Jadi, bersabarlah dan Anda akan melihat hasil kerja keras Anda.
“Menurunkan berat badan itu penting, tetapi ada cara tertentu untuk merawat tubuh Anda, kelebihan apapun itu berbahaya. Seseorang tidak boleh melewatkan nutrisi sehat dan memiliki rencana diet yang sangat seimbang untuk mendapatkan hasil,” jelas Dr Sabharwal.

“Menjaga keseimbangan, memilih moderat dalam pilihan makanan Anda, dan berolahraga, itu juga berarti berhenti dari budaya diet dan mungkin mengatur ulang hubungan Anda dengan diri Anda sendiri,” tambah dia.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak