Ajak Anak-Anak Hidup Sehat, Siswi SMA Ciptakan Game Hygiene Rush

Senin, 16 September 2019 - 04:30 WIB
Ajak Anak-Anak Hidup Sehat, Siswi SMA Ciptakan Game Hygiene Rush
Ajak Anak-Anak Hidup Sehat, Siswi SMA Ciptakan Game Hygiene Rush
A A A
JAKARTA - Pepatah kebersihan adalah pangkal kesehatan sepertinya benar-benar menginspirasi seorang siswa kelas tiga SMA di Jakarta untuk turut menumbuhkan pola hidup sehat kepada anak-anak. Ya, seorang siswa Jakarta Intercultural School (JIS) bernama Elifia Muthia berkeinginan menanamkan kesadaran dan kebiasaan pola hidup sehat kepada anak-anak sejak dini.

Dan cara yang digunakan Elifia agar pesannya tersebut bisa diterima anak-anak, maka dia bersama beberapa rekannya menciptakan sebuah game. Dipilihnya game sebagai media untuk menyampaikan pesannya, karena Elifia bersama rekan-rekannya memiliki keahlian dalam membuat game.

Game ciptaan Elifia dkk diberi nama Hygiene Rush. Dan saat ini sudah bisa diunduh lewat Google Play, dan dimainkan di gadget berbasis Android.

Menurut Elifia, Hygiene Rush merupakan permainan untuk anak-anak yang bertujuan meningkatkan pola hidup bersih. "Dalam permainan ini, anak-anak lebih memperdalam dan mempelajari tentang situasi hidup bersih yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti mencuci tangan yang benar, cara menggosok gigi, merapikan buku pelajaran, sampai dengan membersihkan halaman rumah," ungkap Elifia di Jakarta, Minggu (15/9).

Dalam permainan ini, anak-anak dapat memilih karakter mereka, dan di setiap ronde mempunyai cerita permainan masing-masing, yang akan mereka selesaikan. Kemudian mereka akan memperoleh bintang yang dikumpulkan, dengan tujuan untuk membeli beberapa baju yang sesuai dengan pilihan karakter mereka.

"Setelah mereka menyelesaikan keseluruhan ronde, maka nilai mereka akan tersimpan dalam papan peringkat, sehingga diharapkan mereka termotivasi untuk berusaha mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam permainan berikutnya," terang Elifia.

Bukan hanya membuat game, siswi JIS itu bersama perawat dari The Smile Centre juga melakukan kegiatan edukasi tentang pemeliharaan gigi bersih dan sehat ke sekolah SDN Grogol Selatan 08, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu kemarin.

Elifia mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah memotivasi dan membangun kesadaran pola hidup bersih sejak dini, baik melalui edukasi game yang telah dilaksanakan di beberapa pesantren dan sekolah, dan juga mendatangkan profesional tim dokter sebagai narasumber.

Dipilihnya SDN Grogol Selatan 08 sebagai lokasi kegiatan, karena Elifia pernah melakukan kegiatan Biofori di sekolah itu tiga tahun lalu. Selain itu, SDN 08 juga merupakan sekolah yang mendapat prestasi Sekolah Model Sehat atau Percontohan dalam hal Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) se-Jakarta Selatan.

"Kita ingin berbagi dan menunjukkan kepada adik-adik di sekolah ini sedini mungkin bahwa betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat agar kedepannya mereka terbiasa akan hal tersebut dalam aktivitasnya sehari-hari," ungkap Elifia.

Sementara itu, drg. Nila Alya Maulidina, Sp.KGA, MM dari Smile Center menyampaikan, kegiatan sosialisasi seperti ini terhadap anak-anak usia dini sangatlah tepat karena untuk memulai langkah kesadaran pelajar untuk meningkatkan rasa kepeduliannya dalam budaya hidup sehat, maka harus dilakukan sosialisasi refresentatif dan berkala.

"Kami dari The Smile Centre berharap kepada pihak sekolah dan orang tua untuk dapat serta dalam membudayakan perilaku pola hidup sehat, apalagi usia SD adalah masa di mana anak-anak menirukan kebiasaan orang-orang di sekitarnya," kata dr. Alya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6268 seconds (0.1#10.140)