Perawatan Baru Kanker Cegah Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Jum'at, 20 September 2019 - 11:30 WIB
Perawatan Baru Kanker Cegah Rambut Rontok Akibat Kemoterapi
Perawatan Baru Kanker Cegah Rambut Rontok Akibat Kemoterapi
A A A
JAKARTA - Peneliti baru-baru ini menemukan perawatan kanker baru yang dapat mencegah rontok akibat kemoterapi. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal EMBO Molecular Medicine menjelaskan bagaimana kerusakan pada folikel rambut yang disebabkan oleh taxanes, obat kanker yang dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen, dapat dicegah.

Dilansir dari Times of India, untuk melakukan ini, tim peneliti telah mengeksploitasi sifat-sifat obat yang lebih baru yang disebut penghambat CDK4 / 6, yang menghambat pembelahan sel dan secara medis telah disetujui sebagai apa yang disebut terapi kanker target.

"Meskipun pada awalnya, ini tampaknya berlawanan dengan intuisi, kami menemukan bahwa penghambat CDK4 / 6 dapat digunakan sementara untuk menghentikan pembelahan sel tanpa mempromosikan efek toksik tambahan pada folikel rambut. Ketika kami memandikan folikel rambut kulit kepala manusia yang dikultur organ dalam inhibitor CDK4 / 6, folikel rambut jauh lebih rentan terhadap efek merusak dari taxanes," kata ketua penulis studi Talveen Purba dari University of Manchester.

Taxanes adalah obat antikanker yang sangat penting yang biasa digunakan untuk mengobati. Misalnya, pasien dengan karsinoma payudara atau paru-paru dan khususnya menyebabkan kecemasan di antara pasien kanker payudara untuk menginduksi rambut rontok yang sangat menyusahkan dan terkadang tahan lama.

"Bagian penting dari penelitian kami adalah pertama-tama memahami bagaimana tepatnya folikel rambut merespons kemoterapi takson, dan kami menemukan bahwa sel pembagi khusus pada dasar folikel rambut yang sangat penting untuk menghasilkan rambut itu sendiri, dan sel induk dari mana mereka muncul, paling rentan terhadap taxanes," papar dia.

"Oleh karena itu, kita harus melindungi sel-sel ini paling dari efek kemoterapi yang tidak diinginkan—tapi agar kanker tidak mendapat untung dari itu," tambahnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8489 seconds (0.1#10.140)