alexametrics

Black Knight Akan Buktikan Keberadaan Mutan di MCU

loading...
Black Knight Akan Buktikan Keberadaan Mutan di MCU
Keberadaan mutan di Marvel Cinematic Universe (MCU) sudah lama menjadi bahasan. Dan, munculnya Black Knight di Eternals akan membuktikan keberadaan mutan itu. (Screen Crush)
A+ A-
Marvel Studios akhirnya mengonfirmasi keberadaan Black Knight di Marvel Cinematic Universe (MCU). Debut di film Eternals yang akan tayang tahun depan, Black Knight yang bernama asli Dane Whitman diperankan Kit Harrington. Peran Black Knight di MCU ini dirasa penting.

Banyak yang beranggapan jika Black Knight akan membantu membangun cerita untuk masuknya X-Men di MCU. Keberadaan X-Men di MCU sudah sangat dinantikan para penggemar franchise ini sejak rombongan karakter yang awalnya berada di Fox bersama Fantastic Four dan Deadpool itu kembali kep pangkuan Marvel Studios berkat akuisisi Fox oleh Disney. Phase 5 MCU diperkirakan akan menjadi ajang reboot dan perkenalan para mutant itu ke MCU.

Namun, sosok yang dianggap mampu untuk memperkenalkan mutant ke MCU adalah Black Knight. Alasannya adalah sejarah panjang tokoh ini. Black Knight adalah pewaris dari leluhurnya yang berasal dari era Raja Arthur. Saat tu, Merlin memilih Black Knight pertama dan memberinya Pedang Ebony yang ditempa dari meteorid.



Dikutip dari Screen Rant, Black Knight pertama adalah Sir Percy of Scandia. Dia terlindungi dari kematian selama dia memegang pedangnya. Dia mengadopsi identitas ganda klasik, dengan berpura-pura tidak kompeten dalam peran ‘sipilnya’, sementara, secara diam-diam melawan keponakan pengkhianat Arthur, Mordred, sebagai Black Knight. Sayang, Mordred mendapatkan sampel logam meteorid dan membuat senjata sendiri. Senjata itu mampu memecah mantra Pedang Ebony ketika Sir Percy sadar kalau dia mengalami luka fatal.

Pedang Ebony itu diturunkan ke garis keturunan Sir Percy dan banyak orang—ada yang jadi pahlawan, penjahat, dan ambigu—mengklaim titel Black Knight. Itu artinya, Marvel Studios secara implisit menyerap seluruh garis karakter mistis ke sejarah MCU. Dan, itu memunculkan sejumlah kemungkinan menarik.

1. Satu Black Knight berhadapan dengan Mutan pertama
Salah satu Black Knight adalah Eobar Garrington, yang terlibat Perang Salib pada abad 11 dan 12. Dia berpartisipasi dalam pengepungan Yerusalem pada 1099 dan terbukti menjadi salah satu prajurit paling berbahaya pasukan Richard the Lionheart. Terpengaruh kutukan darah Pedang Ebony, dia memotong sepetak melalui musuh Richard. Setelah pengepungan Yerusalem, dia mendengar kabar tentang kekuatan kuno yang tersembunyi di gurun pasir di sebuah tempat bernama Akkaba. Raja Richard mengutus Black Knight untuk memimpin sebuah ekspedisi untuk mencari kekuatan itu dan membawanya kembali ke Inggris. Misi ini membawa Eobar berhadapan dengan sejumlah mutan pertama.

Di komik, mutan—seperti X-Men—adalah langkah berikutnya dalam evolusi manusia. Gen mutan hanya bisa aktif dalam skala besar pada abad 20, tapi ada pendahulu revolusioner tertentunya. Salah satu yang paling terkenal adalah mutan yang sangat kuat dan abadi bernama Apocalypse yang pernah memerintah Akkaba. Apocalypse percaya pada pertahanan hidup orang-orang yang kuat dan dia tertarik pada pasukan yang sukses mengalahkan Yerusalem. Sehingga, dia mengirimkan agennya untuk mencari Black Knight dan pasukannya.

Namun, pada akhirnya, Apocalypse tidak menemukan kegunaan Black Knight. Malahan, dia memfokuskan perhatiannya pada salah satu sekutu Eobar, yaitu Bennet du Paris. Bennet memiliki gen mutan terpendam dan Apocalypse memicunya dengan mengaktifkan kekuatan telekinetic fenonemal. Sayang, dia kemudian dipenjara di sebuah makam di Akkaba. Dia bangkit lagi saat ini dan memakai nama Exodus.

2. Apakah ada mutan pendahulu di MCU?
Presiden Marvel Studios Kevin Feige telah mengonfirmasi bahwa X-Men akan hadir di MCU. Menurut dia, sudah tidak ada waktu untuk membahas tentang mutan dan bagaiman mutan masuk MCU. Komentar ini mengindikasikan bahwa Marvel sudah tahu bagaimana memperkenalkan para mutan itu—tapi tetap harus dilihat pendekatan apa yang akan mereka pakai. Salah satu solusi mungkinnya adalah gen mutan itu diperkenalkan kepada ras manusia oleh Celestial, berabad-abad yang lalu, pada saat yang sama ketika mereka menciptakan Eternals. Pendekatan seperti ini jelas dekat dengan cerita komiknya. Ini hanya membutuhkan infusi energi kosmik—seperti ledakan energi berulang-ulang dari Batu Keabadian—untuk memicu gen mutan dalam skala besar.

Seperti di komik, kemudian, akan ada pendahulu evolusioner sepanjang sejarah, dengan mutan masa awal ini membuat bingung dengan menjadi penyihir, ahli nujum, manusia serigala, vampir dan sebangsanya. Kemungkinan, tenaga mereka dipicu energi alien, oleh stres dan trauma fisik, atau karena paparan radiasi alam. Tentu, sudah ada bukti bahwa Wanda Maximoff alias Scarlet Witch bisa menjadi contoh modern. Marvel Studios Visual Dictionary menyebut, Batu Pikiran mungkin telah membuka sesuatu yang terpendam di dalam dirinya, kemungkinan adalah gen mutan. Itu akan menjelaskan mengapa Wanda dan kembarannya, Quicksilver, punya kekuatan berbeda ketika mereka dieksperimen dengan Batu Keabadian yang sama.

Itu semua berarti bahwa Marvel bisa menggunakan garis Black Knight untuk memperkenalkan Exodus sebagai pendahulu revolusioner ras mutan, meskipun ada yang dihapus beberapa abad. Exodus adalah karakter menarik yang memiliki ideologi isolasi yang sama seperti Magneto. Cukup mungkin Marvel ingin menghindari menggunakan Magneto untuk sementara waktu. Studio ini tidak suka menggunakan ulang karakter dan konsep yang telah dikembangkan di layar lebar. Kalau seperti itu, Exodus bisa menjadi pengganti dan Black Knight bisa membantu menulis kisahnya masuk sejarah MCU.

3. Bagaimana Black Knight dan Sersi bisa bertemu Exodus?
Ini bisa dilakukan dengan menyalin komik dan menggunakan kekasih Eternal Black Knight, Sersi. Di komik, Sersi punya kekuatan untuk menembus waktu dan bahkan melompat ke dimensi berbeda. MCU mengeksplorasi tema perjalanan waktu di Avengers: Endgame dan itu dibuat untuk membangun serial Loki di Disney+ yang dikabarkan mengisahkan bagaimana Dewa Penipu itu menggunakan Tesseract untuk memindahkan dirinya dengan menembus waktu. Dengan perjalanan menembus waktu jadi cukup penting di MCU, bukan kejutan jika Sersi versi MCU akan mampu memanipulasi waktu.

Kalau seperti itu, maka ada kemungkinan bahwa film Eternals akan memperkenalkan Exodus secara terang-terangan. Di cerita satu babak Black Knight, kemampuan menembus waktu Sersi sedikit membuatnya kecewa dan akibatnya, dia masuk ke Abad Pertengahan. Selain itu, roh Dane Whitman sebenarnya menghuni tubuh leluhurnya dari abad 12, Eobar Garrington. Dia menghadapi Apocalypse dan bersama Sersi memainkan peranan penting dalam memenjarakan Bennet du Paris. Cerita seperti itu akan menjadi cara yang pintar dalam membangun ras mutan, dengan mengungkapkan kalau Exodus menunjukkan jalan ke masa depan lebih kelam dimana kekuatan manusia super menjadi lebih umum dan berarti para pemirsa akan tahun betapa kuatnya dia ketika dia muncul untuk berhadapan dengan X-Men.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak