alexametrics

Johanne Morissette, Asia’s Phoenix dari Filipina

loading...
Johanne Morissette, Asia’s Phoenix dari Filipina
Johanne Morissette, Asias Phoenix dari Filipina
A+ A-
JOHANNE Morissette Daug Amon atau lebih dikenal Morissette Amon dijuluki sebagai Asia’s Phoenix. Dia dianggap sebagai diva baru di belantika musik Filipina. Dia berhasil mengukir namanya sendiri setelah malang melintang hanya lima tahun di panggung musik. Morissette mendapat pujian dari Original Pilipino Music (OPM) seperti Regine Velasquez-Alcasid.

Lalu, Sarah Geronimo menjuluki Morissette sebagai superstar berikutnya dan The Next Big Diva. Namanya selalu menjadi viral. Dia menjadi topik tren di seluruh dunia di Twitter saat membawakan lagu What About Love milik Heart di ajang pencarian bakat The Voice of the Philippines.

Konser solo yang dia gelar tahun lalu juga bikin gempar setelah media sosial (medsos) Twitter dengan tagar #MorissetteIsMade mendarat di posisi pertama dalam daftar topik trending di Filipina. Lalu, apa yang istimewa dari Morissette? Jawabannya suara yang powerfull, membahana, dan menggelegar. Dia juga bisa bernyanyi dengan “suara tinggi” seperti penyanyi ternama Mariah Carey.



Dia bisa menyanyikan apa saja. Dia juga suka membawakan lagu penyanyi terkenal lainnya di YouTube dengan gayanya sendiri. Meski usianya masih terbilang muda, yakni 23 tahun pada 2 Juni lalu, jebolan ajang The Voice of the Philippines ini tidak main-main dengan penampilannya. Walau tidak menang di ajang The Voice of Philippines, Morissette tetap mampu mengukir namanya.

Dia menjadi artis Filipina pertama yang mendapatkan saluran V Live (aplikasi streaming video Korea), mendapatkan tepuk tangan meriah di Festival Lagu Asia di Korea pada 2017, dan tampil dengan penyanyi Jessie J di konsernya yang terakhir. Tak hanya penonton Filipina yang dibuat terkesan.

Penyanyi terkenal Jessie J juga dibuat terpukau. Kala itu Morissette memiliki kesempatan langka mewawancarai Jessie J untuk saluran musik terkemuka MYX. Morissette pun mengaku jika dirinya pernah membawakan lagu Jessie saat berkompetisi di The Voice of the Philippines. Jessie pun meminta Morissette bernyanyi di depannya. Jessie langsung terkesan dan kemudian memintanya tampil di konsernya.

Dikutip When In Manila, pada 2015 dia merilis album studio self-titled pertama Morissette bersama label Star Records. Dari sinilah peluang semakin terbuka lebar untuknya. Dia merekam lagu-lagu tema untuk film-film hit ABSCBN, membintangi drama musikal, menerima penghargaan bergengsi, tampil untuk konser yang berbeda, mengikuti kompetisi P-Pop Love Songs Himig Handog dan kompetisi radio yang hits di sana yakni Wish 107.5.

Dia juga salah satu artis Filipina yang paling dicari yang bernyanyi di luar negeri untuk OFW, pekerja Filipina di luar negeri, melalui The Filipino Channel (TFC). Pada 2017 lalu dia dipilih menjadi bagian dari Bolt of Talent, acara yang dimiliki penyanyi terkenal Michael Bolton. Dia menjadi co-host Michael Bolton dan memiliki kesempatan untuk menyanyi bersama selama Asian Dream Tour di Grand Ballroom Marriott Manila.

Rajin Ikut Audisi

Nama Morissette diambil dari penyanyi sekaligus penulis lagu asal Kanada-Amerika Alanis Morissette. Sang ayah Amay Amon yang berprofesi sebagai musisi sangat mengidolakan penyanyi ternama itu. Adapun nama pertamanya, Johanne (diucapkan sebagai Yohan), diambil dari nama komposer wanita Jerman yang juga ikon musik Johann Sebastian Bach.

Pada usia 16 tahun dia sudah menjadi tulang punggung keluarga. Dia membayar sewa, tagihan, dan menyekolahkan saudara laki-lakinya lewat menyanyi. Meskipun tidak mengenyam pendidikan, dia tidak menyesal karena bisa membantu keluarga yang dia sayangi.

Morissette, yang lahir dan dibesarkan di Kota Cebu yang ramai, ingin menak lukkan dunia dengan suaranya. Keluarganya memang memiliki garis keturunan musisi. Keluarga ini rela pindah dan tinggal di Manila agar Morissette bisa mengejar mimpinya menjadi penyanyi. Sang ayah adalah musisi bergenre rock.

Sang ayahlah yang memengaruhi dan mengajarinya cara bernyanyi. Tak hanya rock, sang ayah juga mengajari jenis musik lain seperti pop, OPM, balada, dan R & B. Dia adalah produk berbagai acara pencarian bakat yang ada di Filipina. Dia mulai mengikuti kompetisi atau audisi menyanyi sejak masih kecil.

Beranjak remaja, dia ikut ambil bagian di acara semacam pencarian bakat reality show Talentadong Pinoy yang disiarkan di TV 5. Perjalanannya tidak berhenti di situ. Ketika dia diminta untuk mengikuti audisi untuk Artista Search of TV 5, Star Factor, dia secara aktif berpartisipasi dan terpilih sebagai finalis.

Kemudian dia terbang ke Manila bersaing dengan calon lain dan menang sebagai runner-up. Dia juga mengikuti audisi Repertory Philippines’s Disney’s Camp Rock: The Musical dan kemudian mendapat peran utama sebagai Mitchie Torres. Dilansir Fandom, Morissettte juga berpartisipasi di acara Star Factor TV5 dan menjadi runner-up.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak