Tampil di Korea, Batik Betawi Elemwe Bakal Sajikan Tema Floral

Selasa, 24 September 2019 - 21:21 WIB
Tampil di Korea, Batik Betawi Elemwe Bakal Sajikan Tema Floral
Tampil di Korea, Batik Betawi Elemwe Bakal Sajikan Tema Floral
A A A
JAKARTA - Batik Elemwe mendapat kehormatan dengan dipilih Rumah Kreatif BUMN BRI untuk mengikuti Festival Korea-Indonesia 2019 yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan. Ajang ini merupakan momen peringatan 46 tahun hubungan Indonesia-Korea Selatan.

Di samping itu, kegiatan tersebut juga memiliki tujuan untuk merealisasikan dan meningkatkan citra Indonesia pada rakyat Korea, khususnya Kota Jakarta. Dalam kesempatan kali ini, Batik Betawi Elemwe bakal memperkenalkan seni budaya Jakarta lewat busana.

Menurut pemilik sekaligus desainer Elemwe, Lily Mariasari, ajang itu dihadirkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk BUMN dan mitra binaan di pasar Korea.

"Selain itu, acara ini merupakan sarana komunikasi budaya Indonesia dengan Korea, sehingga dapat meningkatkan citra baik Indonesia pada masyarakat Korea," tambah Lily dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (24/9).

Di Seoul, akan Lily menyajikan tema floral seperti daun-daun yang berguguran dalam karyanya. Dalam setiap kegiatan yang diikutinya, Elemwe memiliki ciri khas desain masing-masing.

Elemwe kali ini bakal mengangkat motif kain ecoprint yang dibuat dengan memanfaatkan sampah daun di Jakarta, kemudian dipadukan dengan kain batik betawi motif bunga dengan warna alam. Sehingga menjadi satu kesatuan outfit yang indah.

Masyarakat Korea, kata Lily, sudah mulai antusias terhadap batik saat nanti hadir di acara Festival Korea Indonesia 2019 yang digelar 20-22 Oktober mendatang. "Kebanyakan mereka baru tahu ada Batik Betawi, banyak pertanyaan seputar batik yang disampaikan. Saya bersyukur Elemwe hadir di acara ini untuk menunjukan warisan budaya Indonesia," ujarnya.

Bertepatan akan diperingatinya Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2019, Lily juga memiliki keinginan agar batik lebih dikenal, jangan sampai hilang ciri khas batik dari Indonesia. "Dengan rutin mengikuti kegiatan seperti ini, saya berharap bisa dengan mudah mensosialisasikan batik, baik itu nasional maupun internasional," pungkasnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)