Wadah bagi Lahirnya Ide Visioner, LIXIL Indonesia Kembali Hadirkan Kompetisi bagi para Arsitek dan Desainer

Kamis, 29 Agustus 2024 - 13:13 WIB
loading...
Wadah bagi Lahirnya...
Arfindi Batubara, Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perusahaan penyedia produk kamar mandi dan dapur, LIXIL Indonesia, kembali menghadirkan dua inisiatif yang bertujuan untuk memajukan masa depan arsitektur dan desain di Indonesia, yakni LIXIL Architectural Design Competition (LADC) serta LIXIL Day of Architecture and Design (LDAD). Kedua inisiatif ini diadakan untuk mendorong ide-ide visioner yang berani serta menantang standar konvensional dalam industri arsitektur di Tanah Air.

Sebagai perusahaan yang selalu berupaya menghadirkan inovasi berkualitas, LIXIL Indonesia terus berkontribusi positif untuk masyarakat Indonesia. Selain sukses dengan berbagai inisiatif kreatif, perusahaan yang menaungi brand terkenal seperti American Standard, GROHE, dan INAX itu juga memperkuat peranannya dalam meningkatkan kualitas fasilitas publik di Indonesia. Salah satu kontribusinya adalah melalui dukungan terhadap Plaza Senayan Sports Hub.

Tidak hanya sebagai tempat berkumpul bagi berbagai komunitas olahraga, Plaza Senayan Sports Hub juga menyediakan kamar mandi dan ruang ganti pakaian yang menawarkan pengalaman mandi yang menenangkan dengan fasilitas berkualitas premium. Seiring meningkatnya tren gaya hidup sehat, fasilitas ini mendukung masyarakat dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat dan aktif.

Dengan ribuan pengunjung setiap minggu, sports hub ini menjadi contoh nyata bagaimana ruang publik yang dirancang dengan baik dapat memberikan dampak sosial yang positif, memfasilitasi kesehatan, kolaborasi, dan konektivitas komunitas di Jakarta.

“Kami menyadari bahwa visi LIXIL hanya dapat terwujud melalui keterlibatan aktif dan kreativitas para arsitek dan desainer Indonesia. Oleh karena itu, komitmen kami untuk ‘make better homes a reality for everyone, everywhere' terus diwujudkan melalui inisiatif seperti LADC dan LDAD, yang kami harapkan dapat menjadi platform bagi mereka untuk menampilkan kemampuan mereka dalam melahirkan ide-ide visioner, baik di tingkat lokal maupun internasional,” kata Arfindi Batubara, Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia, melalui keterangan tertulis.

Digelar pada 27 Juli hingga 8 September 2024, LIXIL Architectural Design Competition (LADC) adalah ajang kompetisi yang bertujuan mendorong kreativitas dan memberdayakan arsitek serta desainer Indonesia dalam berinovasi. Bekerja sama dengan Kementerian PUPR RI, tahun ini, LADC mengusung tema “Adaptive Architecture” dengan fokus pada reimajinasi ruang Kota Jakarta di masa post-kapital.

Peserta kompetisi diajak untuk mengeksplorasi solusi arsitektur yang berkelanjutan bagi gedung-gedung kantor PUPR, terutama dalam konteks adaptasi saat sebagian besar staf PUPR berpindah ke Ibu Kota Negara yang baru.

Jajaran expert pun ditunjuk sebagai juri utama untuk LADC 2024, antara lain Budi Sumaatmadja dari Anggara Architeam, Dicky Hendrasto dari Duta Cermat Mandiri (DCM), dan Sofian Sibarani dari Urban+.

“LIXIL Indonesia ingin mendorong para arsitek dan desainer untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan klien, tetapi juga mempertimbangkan dampak yang lebih luas dari desain mereka terhadap lingkungan dan masyarakat. LADC bertujuan untuk merangkul solusi desain yang berani dan inovatif yang dapat membawa perubahan positif bagi dunia arsitektur Indonesia,” ujar Arfindi.

Melalui LADC, LIXIL Indonesia juga memberikan kesempatan kepada para arsitek dan desainer untuk mendapatkan visibilitas di kalangan profesional industri dan berkompetisi untuk meraih hadiah bergengsi. Salah satu hadiah utama adalah Snohetta Studio Exchange untuk Kategori Profesional, yang dirancang agar pemenang bisa mendapatkan exposure terhadap metode kerja arsitek kelas dunia di firma arsitektur internasional, merasakan pengalaman mengerjakan proyek arsitektur internasional, serta kesempatan untuk membangun jaringan profesional di tingkat global.

Selain itu, untuk Kategori Profesional dan Mahasiswa, terdapat hadiah berupa Eksplorasi Arsitektur di Jepang yang akan memperkaya wawasan dan inspirasi desain mereka.

Selain LADC, tahun ini, LIXIL Indonesia juga akan kembali menggelar LIXIL Day of Architecture and Design (LDAD). Pertama kali diselenggarakan pada 2019, LDAD merupakan ajang perayaan inovasi di industri arsitektur dan desain.

Dengan tema "Adaptive Architecture: Repurposing Obsolescence in Achieving Sustainability Vision", LDAD 2024 akan dihadiri oleh pembicara terkenal, baik dari dalam maupun luar negeri, termasuk David Gianotten selaku Managing Director OMA, Olga Bolshanina selaku Associate Partner Herzog & De Meuron, Dicky Hendrasto dari DCM, dan Budi Sumaatmadja dari Anggara Architeam yang akan mengajak para arsitek dan desainer untuk mengeksplorasi bagaimana arsitektur adaptif dapat menjawab kebutuhan yang terus berkembang di ruang perkotaan, khususnya di Jakarta.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)