6 Akibat Pakai Headset Terlalu Lama, Bisa Kehilangan Pendengaran

Kamis, 29 Agustus 2024 - 22:11 WIB
loading...
6 Akibat Pakai Headset...
Pakai headset terlalu lama bisa memengaruhi masalah kehilangan pendengarah. Foto/ indoindians
A A A
JAKARTA – Akibat pakai headset terlalu lama bisa memengaruhi masalah kesehatan, yang paling fatal adalah kehilangan pendengarah.

Masalah pakai headset ini menjadi viral di media sosial setelah dua netizen mengalami kehilangan pendengaran. Hal itu diketahui melalui akun @constructivismn.



“Sepertinya selain diabetes (akibat produk² manis seperti boba, kopi, minuman kemasan lainnya), concern kesehatan gen muda (sekarang) di masa depan adalah kehilangan pendengaran, ya?” tulis akun @constructivismn.

Akun tersebut juga menceritakan bahwa dirinya membayangkan seseorang dalam waktu tertentu tidak terlepas dari penggunaan headset jenis TWS dengan waktu yang lama. Tidak lama kemudian, netizen pria dengan akun @fariskodel juga membagikan hal serupa yang dialaminya.

“Yes, tahun 2020 gw kena sudden deafness di telinga sebelah kiri. Waktu itu kantor lagi hectic banget, WFH bikin jam kerja jadi sangat panjang. Pakai headset +12 jam/day dan berlangsung berbulan-bulan. Tiba-tiba suatu pagi kuping kiri gw terasa seperti ketutupan sesuatu” ungkap @fariskodel, pada Selasa (13/8/2024).

Sebagai informasi, sudden deafness merupakan kehilangan pendengaran yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan, baik sekaligus atau selama beberapa hari.

Penyebab Pakai Headset Terlalu Lama

1. Risiko Komplikasi Pendengaran / Kehilangan Pendengaran
Seperti yang telah disebutkan, menggunakan headset untuk mendengarkan musik dengan keras dan dalam waktu yang lama dapat membuat sel-sel rambut lebih sensitif. Ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau permanen.

Hal itu juga dirasakan oleh netizen @fariskodel, rupanya ia mengalami profound hearing loss yang dimana telinga kirinya tidak mendengar suara dalam jarak frekuensi 90db.

2. Infeksi Telinga
Infeksi telinga umum terjadi karena penggunaan headset dalam periode yang lama. Sebab, penggunaan perangkat tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan juga memindahkan bakteri orang lain ke telinga, jika digunakan bergantian.

3. Pusing
Peningkatan tekanan di saluran telinga akibat suara keras juga dapat menyebabkan pusing. Itu sebabnya, kadang mungkin pernah merasakan pusing setelah cukup lama menggunakan headset.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)