Yuk, Kenali Tren Puasa Kulit

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 11:32 WIB
Yuk, Kenali Tren Puasa Kulit
Yuk, Kenali Tren Puasa Kulit
A A A
NEW DELHI - Puasa kulit semakin populer di media sosial. Puasa kulit mendorong Anda untuk menghindari penggunaan produk kulit apapun selama satu atau dua hari sehingga memungkinkan kulit untuk detoksifikasi dan bernapas.

Wanita yang terlalu sering menggunakan produk-produk kulit bisa menyebabkan suatu kondisi, dimana tidak ada cukup minyak alami pada kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering. Namun, pakar kecantikan mempertimbangkan pro dan kontra dari peretasan kecantikan baru dari Jepang ini.

Seperti dilansir Times of India, ide asli puasa kulit adalah melewatkan pelembab malam selama satu atau dua minggu dan melakukan make-up setidaknya seminggu sekali. Alasannya, puasa kulit akan membantu menormalkan sekresi minyak alami pada kulit yang telah melemah dan atau ditekan oleh pelembab yang berlebihan.

Sejauh kulit kering, disarankan untuk menggunakan pelembab malam yang lebih banyak, dan menerapkan pelembab malam yang lebih sedikit untuk kulit berminyak. Namun, ide puasa kulit sekarang ini lebih ekstrem, banyak wanita benar-benar tidak menggunakan produk kulit selama satu, dua atau tiga hari.

“Tampaknya ada beberapa informasi yang salah tentang definisi yang tepat dari 'puasa kulit', di mana orang-orang telah mengklaim sepenuhnya berpantang dari produk-produk perawatan kulit yang bukan tentang ide aslinya. Penghentian total produk perawatan kulit, bahkan untuk beberapa hari dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kerusakan akibat sinar matahari, kulit terbakar, kulit kering, kulit tidak toleran, jerawat, dan lainnya,” kata dokter kulit dr. Batul Patel.

Dijelaskannya, untuk kulit yang sehat, rutinitas perawatan kulit yang baik, sesuai dengan jenis kulit dan perawatan ini terdiri dari pembersih, tabir surya, krim siang dan krim malam. Sementara, krim malam sangat penting digunakan karena membantu memperbaiki kerusakan yang dilakukan pada siang hari. Ini secara khusus diresepkan oleh dokter kulit berdasarkan masalah kulit individu dan belum tentu pelembab.

Mengapa puasa kulit versi ekstrem ini tidak ideal? Seperti halnya tubuh, kulit juga membutuhkan nutrisi dan perbaikan setiap hari dan membuatnya kelaparan dengan melepaskan semua produk kulit seperti melakukan diet ekstrem di mana Anda hanya hidup di atas air.

“Misalnya, melewatkan tabir surya dapat menyebabkan kulit terbakar atau ruam kepekaan terhadap sinar matahari. Melewatkan krim anti-oksidan malam hari akan mencegah kulit pulih dengan cepat. Selain itu, bagi individu yang sedang menjalani pengobatan untuk jerawat atau pigmentasi, menghilangkan rutinitas malam hari dapat semakin memperburuk kekhawatiran tersebut,” jelasnya.

“Dan bagi mereka yang telah melakukan pengelupasan pada wajah, rencana perawatan kulit pasca perawatan sangat penting untuk diikuti untuk perbaikan kulit. Juga, tampaknya tidak ada penelitian ilmiah yang substansial untuk membuktikan manfaat puasa kulit. Faktanya, ada banyak penelitian yang membuktikan manfaat dari rencana perawatan kulit harian yang baik,” tambah dr Batul.

Sementara, dokter kulit Dr Geeta Fazalbhoy menambahkan, ada kekhawatiran yang berkembang bahwa banyak orang menggunakan produk kulit secara berlebihan, tidak memberikan waktu yang cukup bagi kulit untuk sembuh dan pulih dan mungkin itulah sebabnya mengapa versi puasa kulit yang ekstrem ini terus berkembang.

“Dan meskipun masuk akal untuk membatasi penggunaan produk kulit setiap hari, benar-benar pergi tanpa mereka mungkin tidak bekerja untuk semua jenis kulit. Bagi mereka yang tertarik mencoba versi puasa kulit ini, saya akan merekomendasikan mereka setidaknya menggunakan tabir surya dan pembersih ringan bebas sabun setiap hari,” terang Dr Geeta.

Sementara, Dr Sama Rais, dokter kulit dan ahli kosmetologi mengatakan mematikan produk kulit sepenuhnya hanya dapat memperburuk kondisi kulit tertentu seperti jerawat. Sebagai gantinya, orang harus menghindari melapisi kulit mereka dengan terlalu banyak produk karena dapat membuat pori-pori tersedak dan dapat menyebabkan berjerawat.

“Oleskan tabir surya setiap hari sebelum melangkah keluar dan tetap dengan satu atau dua krim, daripada pelembab,” ujar dia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7024 seconds (0.1#10.140)