alexametrics

Education Fair 2019 Salurkan Minat Siswa ke Perguruan Tinggi

loading...
Education Fair 2019 Salurkan Minat Siswa ke Perguruan Tinggi
Education Fair 2019 menjadi wadah bagi siswa untuk menyalurkan minat mereka masuk perguruan tinggi yang sesuai keinginan. Acara ini dikemas juga menghibur. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Education Fair merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang digagas SMAN 8 berkerja sama dengan komite orang tua murid dengan tujuan membantu siswa mencari perguruan tinggi sesuai minatnya.

Lewat Rajawali Emas Goes to Industry 4.0 sebagai tema Education Fair 2019, Dra Hj Sri Sariwarni selaku pelaksana tugas Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta mengatakan kegiatan Education Fair ini murni merupakan inisiatif orang tua murid dan pihak sekolah sangat mendukung kegiatan tersebut.

Acara ini diikuti oleh 321 siswa kelas XII dan 335 orang tua murid, dimana acara ini dihadiri delegasi dari 9 Perguruan Tinggi Negeri, seperti IPB, ITS, UNAIR, UI, UNDIP, UGM, Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Sebelas Maret.



Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Drs Heri Budi Prasetya menegaskan, ada juga enam Perguruan Tinggi Luar Negeri seperti, Ritsumeikan Asia Pasific University (APU), Campus Spain, Jakarta International College- Monash University, Kyoto University, La Salle College of the Arts, National University of Singapore (NUS).

Ada juga perguruan tinggi swasta, seperti Binus International University, Binus University, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Pelita Harapan, Universitas Prasetiya Mulya.

“Acara Edu Fair 2019 ini juga dihadiri lima lembaga pendidikan Aspectama International Student Advisor, BTA Group, USA Education, IDP Education dan SUN Education,” kata Retno Handayani, Ketua Panitia Education Fair 2019.

Edu Fair dibuat sebaik mungkin sehingga peserta yang hadir, baik dari siswa maupun orang tua murid tidak merasa bosan. Acara dikemas dengan sangat baik kental dengan sentuhan milenial. “Kegiatan Edu Fair ini memadukan unsur workshop, seminar dan exhibition. Seminar diikuti oleh siswa dan orang tua murid,” jelas Budi Widiastuti selaku wakil orangtua atau Ketua Angkatan 2020.

Intinya acara dikemas sepadat mungkin tapi tetap menghibur dan tidak kehilangan tujuan. Dan yang utama acara ini mempunyai banyak manfaat yang baik bagi siswa dan orang tua murid. Dengan mendapat pemaparan dari perwakilan berbagai perguruan tinggi yang diundang tentu menjadi bahan pertimbangan siswa dan orangtua sebelum memutuskan memilih perguruan tinggi.
“Rangkaian kegiatan Edufair sangat bermanfaat bagi siswa dan orang tua dalam menentukan pemilihan universitas dan fakultas yang diminati,” tutur Ir. Junito Ahmad Haryono, MBA selaku Ketua Komite SMAN 8 Jakarta.

Sebuah acara bisa dinilai sukses apabila dari saat perencanaan dan pelaksanan serta pasca pelaksanaan, semua berjalan sesuai yang direncanakan. Kerja sama yang baik masing-masing panitia yang ditunjuk kunci suksesnya. Acara Edu Fair 2019 yang digelar pada Rabu (2/10/2019) ini juga bertanggung jawab terhadap para delegasi yang hadir.

“Beberapa orang tua bertugas mendampingi delegasi PTN (perguruan Tinggi Negeri) mulai penjemputan hingga mengantarkan kembali delegasi ke Bandara/stasiun kereta api agar acara dapat berlangsung dengan baik,” tutur Fanny Lia selaku koordinator LO (Liasson Officer) Edu Fair 2019.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak