Gudmuvie Jadi Wadah Pembuat Film Pendek Indonesia

Kamis, 10 Oktober 2019 - 11:08 WIB
Gudmuvie Jadi Wadah Pembuat Film Pendek Indonesia
Gudmuvie Jadi Wadah Pembuat Film Pendek Indonesia
A A A
JAKARTA - Gudmuvie akan menjadi wadah bagi sineas film pendek dari seluruh Indonesia untuk mempertunjukkan karya terbaik mereka di Festival GudFest 2019 yang akan berlangsung di Helipad Parking Ground, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada, 2–3 November 2019.

Hadirnya Festival GudFest 2019 tak lepas dari film nasional yang seolah ‘menyingkirkan’ film pendek, sementara film pendek memiliki prestasi membanggakan di dunia internasional. Ichwan Persada selaku sutradara dan produser film sekaligus perwakilan dari Forum Film Indonesia menegaskan, selama ini film pendek seolah terpinggirkan dari film nasional. Namun dalam beberapa tahun belakangan, terjadi perkembangan cukup signifikan.

Sejumlah sineas dengan film pendeknya menjelajahi festival prestisius di luar negeri, bahkan beberapa diantaranya membawa pulang predikat bergengsi.

"Film pendek itu sebenarnya barang baru. Saya pun sudah produserin 9 film, saya baru kali ini film pendek. OTT nggak cuma film lebar dan series tapi mereka juga butuh konten. Cuma masalahnya ada gap antara amatir dan profesional yang jauh banget," kata Ichwan Persada saat berkunjung ke Gedung Sindo, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Kini, melalui Gudfest 2019, film pendek masuk ke panggung utama dan akan semakin menggairahkan anak muda Indonesia untuk terus berkarya melalui film pendek. Melalui Gudmuvie, Ichwan berharap bisa mendekatkan film pendek ke masyarakat sehingga ekosistem perfilman di Tanah Air bisa berjalan dan terjadi regenerasi.

"Kalau mereka (generasi muda) lihat film enggak bisa jadi profesi, mereka enggak akan bisa jadi film maker. Sementara, regenerasi itu masih dibutuhkan," ungkapnya.

Program ini bukan sekedar festival, juga akan memilih kategori terbaik dan terfavorit. Akan ada tiga orang dewan juri yang mewakili sutradara, produser dan aktor yang akan menilai kategori terbaik untuk memperebutkan total hadiah Rp100 juta. Gudmuvie juga akan menghadirkan roadshow ke sejumlah kampus di Jabodetabek dan Bandung. Pendaftaran Gudmuvie masih dibuka hingga 20 Oktober mendatang.

"Saya nilai ini penting untuk industri. Tahun 3-5 (penyelenggaraan Gudmuvie) kita bisa liat. Kita bisa liat OTT juga butuh creator. Ke profesional itu hanya kita yang bisa menghubungkan," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6806 seconds (0.1#10.140)