alexametrics

10 Jenis Onigiri, Makanan Jepang yang Digemari

loading...
10 Jenis Onigiri, Makanan Jepang yang Digemari
Onigiri merupakan nasi kepal yang dapat dibentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Menariknya ada 10 jenis onigiri yang digemari dengan rasa menggoda. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Onigiri merupakan nasi kepal, yakni nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga dapat dibentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras.

Makanan khas Jepang ini dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri.

Di Jepang, onigiri merupakan bekal makan siang sewaktu piknik atau dimakan di perjalanan. Nasi pada bento sering berupa onigiri. Meski banyak sekali orang Jepang yang membeli onigiri produksi pabrik yang dijual di toko swalayan yang buka 24 jam, namun onigiri dapat dibuat sendiri di rumah yang cara pembuatannya diwariskan secara turun temurun.



Di jual secara bebas di toko swalayan, makanan ini dinilai menjadi makanan yang sempurna untuk para pelancong dan penduduk lokal yang sibuk lantaran bisa dimakan tanpa peralatan apapun.

Sementara, onigiri hadir dalam berbagai macam jenis. Anda yang ingin berwisata ke Jepang, pastikan mencicipi berbagai jenis onigiri. Nah, seperti dilansir Soranews24, berikut ini beberapa onigiri yang disukai banyak orang. (Baca juga: Tips Membuat Nasi Magelangan, Nasi Goreng Khas Magelang).

1. Salmon
Salmon onigiri merupakan yang paling favorit diantara jenis onigiri lainnya. Makanan ini terdiri dari salmon panggang, nasi putih, dan nori atau rumput laut kering. Tiga komponen tersebut merupakan komponen penting dari sarapan tradisional Jepang.

2. Mentaiko
Mentaiko merupakan ikan tarako yang dibumbui dengan lada. Berbeda dengan tarako, mentaiko menghadirkan rasa pedas karena penggunaan lada. Meski tidak sepedas wasabi, namun mentaiko terasa nikmat disantap sebagai onigiri bersama nasi putih.

3. Umeboshi
Umeboshi merupakan asinan kering yang dibuat dari buah ume yang lazim dijumpai di Jepang. Rasa sebenarnya dari makanan ini adalah asam dan asin, tetapi kini juga diciptakan dalam berbagai pilihan rasa. Umeboshi cocok dijadikan isian onigiri, di mana plum acar diletakkan di tengah bola nasi, dengan proses pengawetan yang menghasilkan lebih banyak rasa getir buah.

4. Kombu
Hampir semua onigiri dibungkus nori tetapi jika Anda ingin hidangan yang sedikit berbeda, Anda juga bisa mendapatkan onigiri dengan isi kombu atau kombu tsukudani, rumput laut rebus dibumbui dengan kedelai.

5. Tarako
Tarako juga nikmat dijadikan isian onigiri. Dalam penyajiannya, biasanya tarako dihidangkan secara mentah atau dibakar.

6. Tuna mayo
Sebagian besar isian onigiri merupakan bahan-bahan tradisional Jepang. Tetapi beberapa diantaranya juga memasukkan rasa Barat, seperti tuna fusion dan mayones nasi.

7. Sujiko
Sujiko mengacu pada telur salmon. Biasanya sujiko yang digunakan untuk isian onigiri berbentuk telur yang lebih kecil dan lebih murah daripada jenis yang digunakan untuk sushi atau yang juga disebut dengan ikura.

8. Okaka
Okaka merupakan serpihan bonito kering serut. Dalam penyajian onigiri, makanan ini umumnya dibuat tanpa tambahan lainnya seperti prem yang dihaluskan.

9. Garam
Onigiri tanpa isi sama sekali disebut juga dengan shio onigiri merupakan jenis onigiri yang paling murah. Biasanya onigiri ini disajikan dengan tambahan garam sehingga membuat hidangan tersebut terasa nikmat disantap disaat hari yang panas dan berkeringat.

10. Ume okaka
Ume merupakan jenis buah yang biasanya disebut prem Jepang atau beberapa diataranya menyebut buah aprikot. Dalam pembuatan onigiri, biasanya buah prem akan dihaluskan hingga menjadi pasta dan mencampurkan okaka (bonito flakes) untuk kombinasi unik rasa manis, asin, dan asam.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak