alexametrics

Yoga Punya Banyak Manfaat Kesehatan, tapi Waspadai Kuman di Matras

loading...
Yoga Punya Banyak Manfaat Kesehatan, tapi Waspadai Kuman di Matras
Yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tapi Anda harus mewaspadai kuman yang ada di matras dan studio yoga. Kumannya bisa bawa penyakit. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Yoga memiliki banyak manfaat kesehatan mental dan fisik, tetapi apakah Anda pernah bertanya-tanya atau memikirkan bagaimana dengan semua kuman yang tumbuh subur di matras yang Anda gunakan itu? Kuman, virus, dan bakteri menyukai lingkungan lembab yang ada di tempat-tempat seperti pusat kebugaran, studio yoga, dan tempat latihan lainnya.

Matras yoga sangat rentan terhadap bakteri dan kuman yang ada di studio yoga. Bakteri dapat bertahan hidup di permukaan matras, sementara virus dapat bertahan lebih lama. Saat kulit bersentuhan dengan matras yang sarat kuman, hal ini dapat menyebabkan infeksi kulit, jerawat, jamur kuku, dan bahkan memindahkan virus herpes.

Bagaimana mengatasinya? Seperti dilansir Times of India, kabar baiknya Anda dapat meminimalkan paparan terhadap kuman-kuman di matras dan menjaga matras serta studio yoga tetap bersih dan higienis.



Bagaimana cara membersihkan matras yoga? Alih-alih menggunakan tikar yang disediakan oleh gym dan studio yoga, belilah matras yang bagus dan bawa setiap latihan. Anda tidak tahu berapa kali tikar yang diberikan oleh studio dibersihkan.

Jadi, jika seseorang menderita flu dan pergi ke kelas yoga, kemungkinan virusnya masih melekat di matras, sementara Anda menggunakannya untuk kelas berikutnya.

Ada tikar yoga pembersih sendiri yang memiliki teknologi perak, yang melindungi Anda dari virus dan kuman dan bau tak sedap. Selain itu, jangan lupa untuk mendisinfeksi tikar setelah setiap kali digunakan karena meskipun Anda membawa tikar, Anda tidak tahu seberapa bersih lantai tempat Anda meletakkannya.

Anda dapat menggunakan tisu, semprotan atau pembersih tidak beracun apapun setelah setiap kelas untuk membantu meminimalkan kemungkinan infeksi.

Nah, ketika Anda tidak membawa matras, pastikan untuk menggunakan disinfektan untuk membersihkannya sebelum dan sesudah setiap penggunaan matras.

Anda juga bisa meletakkan handuk di atas matras; juga cobalah untuk tidak menyentuh wajah di antara kelas karena hal itu berkontribusi pada penyebaran kuman bolak-balik. Setelah setiap kelas, pastikan untuk mandi. Jika Anda harus menunggu lama untuk mandi, pastikan untuk mencuci tangan sebelum meninggalkan kelas untuk membersihkan kuman-kuman itu.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak