alexametrics

Kwetiau Saus Kung Pao, Menu Oriental Rasa Pedas yang Khas

loading...
Kwetiau Saus Kung Pao, Menu Oriental Rasa Pedas yang Khas
Kwetiau Saus Kung Pao merupakan menu oriental dengan rasa pedas yang begitu khas. Anda pun bisa menikmati hidangan ini di rumah. Berikut resep membuatnya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Jika biasanya saus kung pao dipadukan dengan ayam, kali ini Anda bisa berkreasi dengan menu oriental yang lebih spesial. Kwetiau Saus Kung Pao namanya.

Hidangan ini menawarkan saus yang identik dengan masakan oriental bercita rasa pedas yang khas. Makanan ini pun bisa untuk bersantap hari ini. Tak perlu membeli, Anda bisa bisa membuatnya di rumah. Berikut resep membuatnya seperti dikutip Endeustv.

Bahan-bahan:
500 g kwetiau basah
1 sdt minyak wijen
400 g fillet paha ayam atas
Minyak goreng
4 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, iris tipis
10 buah cabai kering, potong 2 cm
3 sdm gula pasir
120 ml air
½ sdt merica sichuan
4 batang daun bawang, iris 2 cm



Bahan perendam:
1 sdm angciu
½ sdt gula pasir

Bahan saus:
2 sdt cuka 5%
2 sdm angciu
2 sdt minyak wijen
1 sdm kecap ikan
1 sdt kecap asin pekat
2 sdt tepung kanji, larutkan dalam 1 sdm air

Pelengkap:
50 g kacang mete goreng

Cara membuat:
Siram kwetiau dengan air panas, tiriskan. Taruh kwetiau dalam wadah, lumuri dengan minyak wijen dan kecap asin. Aduk rata. Potong - potong fillet paha ayam atas ukuran 2 x 2 cm. Campur bersama bumbu perendam. Aduk hingga rata, diamkan kurang lebih 15 menit.

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan cabai kering dan saus, aduk hingga rata. Angkat. Taruh gula pasir dalam wajan, masak di atas api sedang hingga gula meleleh dan kecokelatan.

Tambahkan air sambil di aduk hingga agak mengental. Masukkan merica sichuan, daun bawang dan ayam hingga rata dan seluruh bahan matang. Angkat. Taruh kwetiau di piring saji. Tuang ayam kung pao, taburkan kacang mete. Sajikan hangat.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak