alexametrics

Kain Ondel-Ondel Bermotif Betawi Elemwe Hiasi Kantor Imigrasi Jaktim

loading...
Kain Ondel-Ondel Bermotif Betawi Elemwe Hiasi Kantor Imigrasi Jaktim
Bergambar topeng Betawi dengan burung sri gunting dan pohon bambu, sepasang ondel-ondel dari Walikota Jakarta Timur telah menghiasi Kantor Imigrasi Jakarta Timur. / Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Desainer sekaligus pemilik batik Betawi dengan label Elemwe, Lily Mariasari tidak perlu berpikir dua kali ketika menerima tawaran mendesain kain motif Betawi untuk ondel-ondel. Dalam pikirannya kesempatan tidak akan datang dua kali.

Dengan segala kemampuan yang dimiliki, tawaran dari Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur, Iwan H Wardhana tersebut langsung disanggupi Lily. Sebagaimana diketahui boneka ondel-ondel selalu diindentikan dengan budaya Kota Jakarta. Kesenian turun temurun ini sudah sepatutnya dilestarikan, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi budaya.

Berupaya melestarikan seni boneka ondel-ondel, Wali Kota Administratif Jakarta Timur pun memberikan ondel-ondel kepada Kantor Imigrasi Jakarta Timur. Hal tersebut juga menjadi usaha untuk meningkatkan promosi seni budaya Kota Jakarta.



Nantinya, ondel-Ondel dari Wali Kota Administratif Jakarta Timur itu diletakan di Kantor Imigrasi Jakarta Timur agar bisa dilihat seluruh masyarakat yang berkunjung ke Kantor Imigrasi.

"Awalnya diminta membuat desain motif Betawi untuk beberapa karyawan di beberapa dinas di DKI Jakarta, supaya dengan batik kita bisa memberikan informasi seni budaya Kota Jakarta," ungkap Lily Mariasari dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (16/10).

"Nah, satu waktu saya diberikan kesempatan oleh Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur yaitu Bapak Iwan H Wardhana untuk membuat kain motif Betawi yang berbeda juga lebih mengikuti desain yang makin berkembang dan ternyata tanggapannya sangat positif. Selanjutnya saya diminta membuat desain kain ondel-ondel dengan motif Betawi," paparnya.

Bergambar topeng Betawi dengan burung sri gunting dan pohon bambu, sepasang ondel-ondel yang diserahkan Walikota Jakarta Timur itu pun telah menghiasi Kantor Imigrasi Jakarta Timur.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak