alexametrics

6 Hal yang Bikin Berat Badan Bertambah

loading...
6 Hal yang Bikin Berat Badan Bertambah
Jika Anda telah berolahraga dan melakukan banyak hal, tetapi berat badan masih bertambah, bukan mengurangi, maka ada beberapa alasan hal itu bisa terjadi. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Olahraga teratur dan makan sehat merupakan dua komponen terpenting dari penurunan berat badan. Sayangnya, jika tidak berhati-hati, terkadang diet sehat dan olahraga teratur justru bisa membuat Anda bertambah berat.

Jika Anda telah melakukan segalanya dan masih berat badan masih bertambah, bukan mengurangi, ada beberapa alasan mengapa hal itu terjadi. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya;

1. Makanan tak sehat
Ada banyak bar nutrisi dan makanan ringan yang tersedia di pasaran dan dicap sebagai makanan sehat/ penurunan berat badan. Tetapi jika Anda tahu sebagian besar produk yang mudah didapat ini sarat dengan kalori, lemak jenuh, dan gula. Bahkan ketika Anda melakukan segalanya dengan benar, ngemil yang tidak sehat dapat menghambat tujuan penurunan berat badan.



2. Tidak membuat diri terhidrasi
Sering kali tubuh bingung rasa haus akan lapar dan akhirnya Anda makan lebih banyak kalori dari pada yang dibutuhkan. Menjaga diri tetap terhidrasi adalah sangat penting, apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan atau tidak. Hidrasi yang tepat menjaga metabolisme Anda tetap sehat dan dengan demikian membantu membakar kilo ekstra tersebut.

3. Olahraga
Jika Anda menghabiskan satu jam di gym, Anda tidak perlu aktif selama sisa hari itu. Tapi tahukah Anda, thermogenesis aktivitas non-olahraga (NEAT) adalah cara paling sederhana untuk membakar hingga 200 kalori per hari. Adapun olahraga yang dapat meningkatkan pembakaran kalori termasuk, naik tangga, berkebun, mengajak anjing berjalan, mencuci piring, dan memasak.

4. Melakukan cardio
Cardio baik, tetapi menambah berat badan dan membangun otot. Meningkatkan massa otot juga meningkatkan metabolisme tubuh hingga lima persen. Bukan hanya ini, latihan beban juga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini membantu Anda membangun kekuatan dan daya tahan dan membantu meningkatkan kesehatan mental dan kesehatan jantung.

5. Obsesi
Beberapa orang terlalu terobsesi dengan skala penimbangan. Berat badan kita bisa naik turun hingga 2,5 kg dalam sehari. Terkadang, Anda sedang membangun otot saat mencoba menurunkan berat badan, yang dapat menyebabkan berat badan Anda tetap stagnan dan bahkan meningkat. Penting untuk fokus pada perasaan dan tingkat energi Anda dan bukan pada skala setiap waktu.

6. Berolahraga adalah hal baru bagi Anda
Jika Anda baru saja mulai berolahraga, berbanggalah pada diri sendiri karena memasukkan kebiasaan sehat ini ke dalam hidup Anda. Karena tubuh Anda tidak terlalu sering berkeringat, olahraga mungkin menahan cairan untuk sementara waktu. Penting untuk memudahkan Anda memasuki rutinitas kebugaran yang baru sehingga tubuh secara bertahap dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak