alexametrics

Khasiat Bawang Putih, mulai Kesehatan Jantung hingga Kesehatan Kulit

loading...
Khasiat Bawang Putih, mulai Kesehatan Jantung hingga Kesehatan Kulit
Bawang putih tak hanya menjadi penyedap masakan, tetapi memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai jantung hingga kesehatan kulit. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Bawang putih tak hanya memiliki aroma yang kuat, juga telah lama digunakan sebagai penguat rasa dalam masakan, seperti kari, tumis, topping pizza, pasta, olahan daging dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, bawang putih juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Beberapa klaim bahkan menyebutkan bahwa bawang putih dapat mencegah kanker. Ini lantaran bawang putih diperkaya dengan Vitamin B1, B2, B3, B6, Folat, Vitamin C, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Kalium dan Natrium.

Dikutip dari NDTV Food, ada enam manfaat bawang putih yang mungkin Anda tidak ketahui, apa saja?



1. Pemurni darah
Bosan menutupi jerawat itu dengan concealer setiap pagi? Saatnya untuk mengatasi akar penyebab jerawat dengan memurnikan darah dari dalam untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Caranya, ambil dua siung bawang putih mentah dengan air hangat setiap hari. Jika Anda ingin mengurangi beberapa kilo, peras jus setengah lemon dalam segelas air hangat dan campur dengan 2 siung bawang putih di pagi hari. Bawang putih akan membantu membuang racun didalam tubuh.

2. Flu dan dingin
Bawang putih akan membantu Anda dari rasa dingin dan flu yang membandel. Ambil 2-3 siung bawang putih mentah atau membuat teh bawang putih (dengan dicampur madu atau jahe). Hasilnya, tak hanya meringankan hidung tersumbat dan menyembuhkan rasa dingin, juga akan membantu menjaga kekebalan tubuh.

3. Mencegah penyakit jantung
Mengkonsumsi bawang putih setiap hari dalam bentuk makanan atau dimakan mentah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena sifat antioksidan dari Allicin. Ini juga sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

Perlu diingat, bahwa senyawa yang mengandung allicin cenderung akan hilang khasiatnya jika bawang putih dimasak utuh. Jadi, lebih baik mengkonsumsi bawang putih mentah atau setengah matang untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Anti bakteri dan anti parasit
Bawang putih adalah salah satu khasiat obat terbaik sejak dahulu dan telah digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur, dan parasit selama 7.000 tahun terakhir. Sebuah studi menunjukkan, ekstrak bawang putih encer dapat membantu anak-anak terkena infeksi cacing pita.

Obat kumur berbahan dasar bawang putih mungkin terdengar aneh dan nafas pun sepertinya tidak segar, tapi jumlah ekstraknya yang sangat kecil cukup untuk menangkal bakteri penyebab rongga.

5. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan mengkonsumsi bawang putih setiap hari akan mencegah kanker lambung dan kolorektal (kanker usus besar). Bawang putih juga mampu memperkuat kekebalan tubuh terhadap kanker.

6. Bagus untuk kulit dan rambut

Khasiat bawang putih yang menyegakan melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit yang menua. Bwang putih memberikan bantuan dari penyakit kulit seperti eksim. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk infeksi jamur seperti kurap. Mengoleskan ekstrak bawang putih yang dihancurkan pada kulit kepala dan memijatnya dengan minyak yang mengandung bawang putih juga diketahui dapat mencegah rambut rontok.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak