5 Rekomendasi Restoran Thailand di Jakarta, Terbaik untuk Pemburu Makanan Enak

Jum'at, 06 September 2024 - 09:09 WIB
loading...
5 Rekomendasi Restoran...
Di Jakarta sendiri, restoran khas Thailand telah lama berkecimpung di industri makanan dan minuman. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hidangan Thailand memiliki karakteristik yang khas dibandingkan sajian dari daerah lain. Penggunaan beragam rempah seperti serai, kapulaga, pala, jintan, dan daun ketumbar menjadikan makanan khas Negeri Gajah Putih ini memiliki karakter rasa yang beragam, mulai asin, manis, pedas, hingga asam.

Cabai rawit juga menjadi salah satu elemen masakan yang kerap ditemukan di berbagai sajian khas Thailand. Pad Krapow Gai, Gaeng Som, Khua Kling, hingga Tom Yum Goong merupakan sederet sajian khas Thailand yang menggugah selera makan dengan sensasi pedas. Karena itu, tidak heran jika masakan Thailand mudah diterima oleh lidah orang Indonesia karena memiliki kesamaan yang cukup banyak, seperti penggunaan rempah yang melimpah dan cabai yang menambah selera makan dengan sensasi pedasnya.

Di Jakarta sendiri, restoran khas Thailand telah lama berkecimpung di industri makanan dan minuman. Berikut lima restoran Thailand terbaik yang bisa Anda temukan di Jakarta.

1. Greyhound Cafe

5 Rekomendasi Restoran Thailand di Jakarta, Terbaik untuk Pemburu Makanan Enak

Istimewa

Meski tidak memiliki unsur Thailand dalam namanya, Greyhound Cafe dikenal sebagai restoran yang menyajikan makanan Thailand autentik. Restoran ini dilengkapi dengan ruangan luas dan nuansa yang cozy, ditambah sedikit sentuhan interior ala industrial di beberapa sudut.

Di beberapa cabang, Greyhound Cafe menyajikan ruang makan di area outdoor yang cukup luas dan menambah pengalaman bersantai bagi para tamu. Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan di Greyhound Cafe dengan ditemani alunan lagu dari live music yang diadakan setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 20.00.

Sebagai restoran Thailand, Anda akan dengan mudah menemukan beragam menu makanan dan minuman khas Negeri Gajah Putih di buku menu Greyhound Cafe. Restoran ini menyajikan hidangan pembuka yang dapat meningkatkan selera bersantap Anda, sebut saja Salmon Carpaccio in Spicy Hot Sauce, Greyhound Famous Fried Chicken Wings, hingga kudapan simple namun autentik khas Thailand, Fried Seafood Spring Rolls.

Anda juga perlu mencoba Crab Meat Fried Rice with a Twist, hidangan spesial yang menyajikan nasi goreng yang dimasak dengan potongan daging kepiting asli dengan racikan bumbu spicy garlic dan cabai kering yang menambah sentuhan pedas. Selain itu, nasi goreng ini menggunakan jasmine rice yang wangi serta dilengkapi dengan sup kaldu bening yang menambah tekstur rasa.

Hidangan khas Thailand lain, seperti Seafood Tom Yum Koong Noodle, hingga menu signature Surprise Pineapple Fried Rice turut memanjakan lidah pengunjung dengan cita rasa khas Thailand yang unik dan beragam.

Selain menu autentik, Anda dapat mencicipi sajian fusion yang memadukan makanan Barat dengan sentuhan Thailand yang tersaji di menu Waterfall Sirloin on Hot Plate atau Muay Thai Grilled Chicken. Lengkapi pengalaman gastronomi di Greyhound Cafe dengan beragam sajian kudapan dan pencuci mulut yang menyegarkan, seperti Sticky Rice + Mango dan Thai Tea Granita.

Harga menu makanan dan minuman di Greyhound Cafe berkisar antara Rp30.000 hingga Rp325.000. Greyhound Cafe berlokasi sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya, di antaranya Jln Gunawarman, Menteng, Gatot Subroto, dan Summarecon Bekasi.

2. Thai Street

5 Rekomendasi Restoran Thailand di Jakarta, Terbaik untuk Pemburu Makanan Enak

Istimewa

Dari namanya, kita langsung bisa menebak apa yang akan disajikan di Thai Street. Sajian Thailand di restoran ini cukup beragam, mulai hidangan pembuka, hidangan utama, hingga makanan penutup.

Untuk hidangan pembuka, Anda dapat menikmati Thai Prawn Cake. Meski bernama cake, hidangan ini bukan hidangan manis, melainkan hidangan bercita rasa asin yang dibuat menggunakan daging udang cincang dan digoreng dengan balutan tepung roti serta Thai sauce yang memiliki cita rasa manis, pedas, dan asam. Thai Prawn Cake memiliki tekstur yang kenyal dengan kulit tepung roti yang digoreng hingga garing.

Belum puas dengan makanan pemuka? Manjakan lidah Anda dengan Tom Yum Seafood dengan cita rasa kuah yang kompleks, meliputi rasa asam, manis, dan pedas dengan elemen aromatik yang memperkaya cita rasa. Untuk Anda yang tidak bisa melewatkan nasi putih, nikmati perpaduan rasa autentik makanan Thailand di sepiring Thai Spicy Crispy Chicken ayam goreng balur tepung crispy dengan sentuhan sambal khas Thailand yang pedas menyegarkan disajikan dengan telur mata sapi di atas Steamed Jasmine Rice dengan tekstur yang pulen dan wangi.

Harga makanan dan minuman di Thai Street berkisar antara Rp13.000 hingga Rp188.000. Thai Street beroperasi di banyak lokasi di Jakarta, di antaranya Plaza Senayan, Setiabudi One, Citiwalk Sudirman, Lippo Mall Kemang, Gandaria City, dan Green Sedayu Mall.

Selain di Jakarta, Thai Street juga memiliki cabang yang berlokasi di beberapa kota seperti Bekasi, Tangerang, Surabaya, dan Makassar.

3. Warung SCI

5 Rekomendasi Restoran Thailand di Jakarta, Terbaik untuk Pemburu Makanan Enak

Istimewa

Berdiri sejak 2013, Warung SCI memulai perjalanan kuliner dengan format kaki lima tepatnya di Jalan Pelepah Raya, Kelapa Gading. Setelah mempelajari masakan Thailand langsung di Bangkok, sang chef, Philip, menemukan racikan yang tepat untuk masakan khas Thailand yang ia masak.

Bisnis Warung SCI terus berkembang hingga akhirnya dapat beroperasi di sebuah ruko di bilangan Jalan Raya Klp. Hybrida Blok QJ9, No. 25 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Meski memiliki interior dengan kesan “biasa saja” tidak layaknya restoran mewah di Jakarta, Warung SCI menyajikan makanan Thailand yang berkarakter dengan perpaduan sentuhan Peranakan yang khas. Anda harus mengantre kurang lebih sebulan jika ingin menyantap makanan Thailand di rumah makan ini.

Warung SCI mengusung konsep semi omakase. Omakase berasal dari istilah bahasa Jepang yang artinya “dipercayakan”. Istilah ini biasanya digunakan oleh restoran sushi atau restoran Jepang lain, di mana para tamu restoran memercayakan menu yang dipesan kepada sang chef. Konsep ini sedikit berbeda di Warung SCI, di mana restoran menyediakan menu yang berbeda setiap hari berdasarkan bahan makanan yang tersedia.

Meski begitu, jika tersedia saat Anda berkunjung, cobalah Tom Yum mereka yang bercita rasa sangat autentik Thailand berkat kehadiran nam prik pao atau pasta cabai sangrai yang diimpor langsung dari Thailand. Anda juga perlu mencoba Salmon Yum, yang berisikan irisan ikan salmon yang disiram dengan saus spesial dengan potongan seledri. Meski tampak sederhana, menu makanan ini menyajikan cita rasa yang kompleks.

Harga makanan di Warung SCI berkisar antara Rp35.000 hingga Rp275.000.

4. Suan Thai

5 Rekomendasi Restoran Thailand di Jakarta, Terbaik untuk Pemburu Makanan Enak

Istimewa

Beroperasi sejak 1988, Suan Thai menjadi salah satu pelopor restoran Thailand di Indonesia dan memiliki pengalaman panjang dalam menyajikan berbagai sajian khas Thailand yang autentik, mulai hidangan pembuka hingga penutup. Anda bisa mulai mencoba hidangan pembuka favorit, seperti Yam Po Pia Suan Thai, salad lumpia yang disajikan dengan saus ala Suan Thai atau Look Chin Pla Ping atau bakso ikan panggang yang disajikan dengan sambal Thai yang khas.

Shuan Tai menyajikan menu hidangan utama khas Thailand yang cukup lengkap, mulai dari Tom Yam Po Tek, sup tom yum khas Thailand dengan topping seafood, hingga Keng Keao Wan Kai atau daging ayam yang dimasak menggunakan kuah kari hijau ala Thailand yang kental dan menggugah selera. Sebagai penutup, Anda perlu mencicipi makanan “pencuci mulut” khas Negeri Siam seperti Sticky Rice with Mango atau Ruamit, semangkok es campur ala Thai.

Harga makanan dan minuman di Suan Thai berkisar antara Rp12.000 hingga Rp165.000. Suan Thai berlokasi di dua tempat, yaitu Jalan Cideng Timur No. 59, Jakarta Pusat, dan di Lippo Mall Puri, Jalan Puri Indah Raya Blok U1, Kembangan, Jakarta Barat.

5. Jittlada Restaurant

5 Rekomendasi Restoran Thailand di Jakarta, Terbaik untuk Pemburu Makanan Enak

Istimewa

Jittlada mulai beroperasi pada 1998, awalnya beralamat di Jalan Sultan Agung, Menteng, Jakarta Pusat. Perjalanan Jittlada di industri kuliner terus berkembang, dari restoran yang hanya berkapasitas 50 kursi hingga membangun jaringan restoran Jittlada Group.

Pada 2022, jaringan restoran ini memiliki 10 merek di 22 cabang yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Beranggotakan 10 chef dari Thailand, Jittlada Restaurant menyajikan sajian khas Thailand yang autentik.

Untuk makanan pembuka, Anda perlu mencicipi sepiring Pandan Chicken, daging ayam yang telah dimarinasi dan digoreng dengan balutan daun pandan yang menambah aroma khas. Yang tidak kalah menarik, Jittlada Restaurant juga menyajikan hidangan salad yang unik dan menyegarkan seperti Fluffy Catfish Salad, Century Egg Salad, hingga Mango Salad.

Tingkatkan juga selera makan Anda dengan menu hidangan utama yang lengkap, di antaranya Tom Yam Potek, sup asam pedas khas Thailand yang disajikan dengan beragam makanan laut seperti ikan, kerang, dan cumi. Selain sup, Anda dapat menikmati cita rasa yang kaya dalam semangkuk Red Curry Beef/Chicken ala Thailand yang disajikan dengan sayuran seperti terong bulat yang menambah keunikan.

Lengkapi pengalaman menyantap beragam sajian khas Thailand di Jittlada Restaurant dengan hidangan penutup dan minuman yang menyegarkan seperti Jittlada Coconut Ice Cream, Mango Sticky Rice, hingga Pumpkin in Syrup.

Jittlada Restaurant beroperasi di berbagai lokasi, salah satunya mal Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. Adapun harga makanan dan minuman di Jittlada Restaurant berkisar antara Rp15.000 hingga Rp299.500.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)