Cuaca Indonesia Lagi Panas, Ini 4 Tips agar Kulit Tetap Sehat Meski Terpapar Matahari

Minggu, 08 September 2024 - 14:21 WIB
loading...
Cuaca Indonesia Lagi...
Di tengah cuaca panas ini, tentu ada berbagai risiko yang mengintai kesehatan tubuh jika tidak diperhatikan dengan benar. Salah satunya masalah kulit yang bisa terjadi akibat paparan sinar matahari. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cuaca panas akhir-akhir ini melanda wilayah Indonesia. Panas terik begitu terasa, termasuk di wilayah Jabodetabek hingga tebus 36 derajat celcius.

Di tengah cuaca panas ini, tentu ada berbagai risiko yang mengintai kesehatan tubuh jika tidak diperhatikan dengan benar. Salah satunya masalah kulit yang bisa terjadi akibat paparan sinar matahari.

Melansir laman The Daily Star, panas, kelembaban, dan paparan sinar matahari yang intens dapat memperburuk atau menyebabkan berbagai masalah kulit. Untuk menjaga kulit tetap sehat dan nyaman, Anda perlu memahami kondisi kulit yang umum ini dan cara mengatasinya secara efektif.



Berikut tips merawat kulit tetap sehat di tengah cuaca panas dan terik, melansir Noble Panacea, Minggu (8/9/2024).

1. Tetap Terhidrasi Luar Dalam

Tips pertama ialah tetap menjaga hidrasi kulit baik dari luar maupun dalam. Hal ini penting lantaran musim panas berpotensi membuat kulit kering, bahkan di iklim yang lembab.

Tetap terhidrasi dengan baik mengoptimalkan kemampuan kulit Anda untuk membuang racun yang tidak diinginkan sekaligus mempertahankan tekstur yang halus dan kenyal. Untuk menjaga hidrasi dari dalam, asupan cairan harian yang direkomendasikan untuk wanita adalah 91 ons (2,7 liter).

Untuk menghidrasi dari luar ke dalam, cari bahan aktif perawatan kulit yang membantu meningkatkan retensi kelembaban dan mengurangi kehilangan air. Produk yang mengandung asam hialuronat dan humektan kuat dapat membantu mengunci kelembaban.

2. Gunakan Serum

Panas dan lembab saat cuaca terik dapat membuat pelembab favorit Anda terasa sangat berat, terutama jika Anda memiliki kulit berminyak. Kurangi dengan beralih ke serum ringan dengan bahan aktif berkinerja tinggi untuk memperkuat, menutrisi, dan menghidrasi secara mendalam.

Anda bisa menggunakan serum yang ringan dan cair dengan kandungan malachite, bakuchiol, asam glikolat, serta bahan aktif ampuh lainnya yang membantu memperkuat, menghaluskan, dan mencerahkan.


3. Kontrol Minyak Berlebih

Saat suhu dan tingkat kelembaban meningkat, kelenjar sebasea kulit secara alami meningkatkan produksi minyak sebagai respons. Jadi, meskipun sulit untuk mempertahankan kulit yang benar-benar matte selama cuaca panas dan lembab, minyak berlebih dapat dikontrol dengan bahan aktif seperti retinol dan AHA.

Penasihat Dermatologi Dr. Anne Chapas mengatakan, penggunaan retinol pada malam hari juga baik untuk merawat kulit khususnya saat cuaca panas di siang hari.

“Retinol merangsang kolagen untuk menciptakan kulit yang lebih kencang, yang membantu menjaga pori-pori tetap kencang dan tidak mudah mengeluarkan minyak,” katanya.

4. Tidur yang Cukup

Satu lagi ialah memenuhi kebutuhan tidur yang cukup untuk merawar kulit Anda, khususnya di cuaca panas ini. Jam-jam malam yang sejuk memberi waktu bagi kulit untuk pemulihan mendalam. Hal ini membantu kulit bangun dengan segar kembali.

Kurang tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit sehingga membuatnya rentan mengalami berbagai permasalahan. Bila ditambah dengan paparan cuaca panas terik, risiko kulit Anda akan kering hingga kusam akan mengintai.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)