alexametrics

Yoga Bisa Membantu Menjaga Kondisi Penderita Tuberkulosis

loading...
Yoga Bisa Membantu Menjaga Kondisi Penderita Tuberkulosis
TBC dapat diobati dengan obat-obatan seperti ditentukan dalam protokol perawatan secara global. Namun, yoga pun bisa membantu menjaga kondisi penderita TB. (Composure Active)
A+ A-
JAKARTA - Tuberkulosis, juga biasa disebut TB adalah infeksi bakteri serius pada paru-paru. Tuberkulosis merupakan infeksi yang sangat langka di negara maju. Namun, dengan munculnya infeksi seperti HIV, mulai menjadi sangat umum ketika HIV menyerang sistem kekebalan seseorang dan kemampuan untuk melawan penyakit.

Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini, India terus mencatat jumlah maksimum kasus TB. Di mana India menyumbang 27% dari total, sementara Cina mencatat 9%, Indonesia mencatat 8%, Pakistan 6%, sementara Bangladesh 4%.

TBC dapat diobati dengan obat-obatan sebagaimana ditentukan dalam protokol perawatan yang diterima secara global. Namun, beberapa orang mungkin resisten terhadap obat, sehingga menambah jumlah kematian. Olahraga dan diet sehat dapat membantu dalam mengobati TB.



Meski sulit bagi orang dengan TB untuk memasukkan rutinitas olahraga yang kuat dalam jadwal mereka, karena masalah pernapasan. Yoga dapat bermanfaat dalam kasus-kasus seperti itu, karena tidak akan menekan sistem pernapasan. Pasien dapat berlatih yoga asana bhujangasana atau pose cobra untuk menjaga gejala TB seperti batuk, nyeri dada, dan sebagainya.

Dilansir dari Times Now News, berbaringlah di lantai dengan perut Anda. Regangkan kembali kaki. Rentangkan tangan di lantai di bawah bahu. Dekatkan siku ke tubuh. Sambil menekan jari kaki dan paha di lantai, angkat tubuh dari atas panggul. Sambil menghirup, luruskan lengan untuk mengangkat dada dari lantai. Pastikan panggul dan paha masih menyentuh lantai. Tekan tulang ekor ke belakang menuju pubis. Persempit pinggul dan jaga agar tetap kuat.

Kencangkan tulang belikat, dan dorong tulang rusuk ke luar. Tahan pose selama 20—30 detik, sambil terus bernapas dengan mantap. Sambil menghembuskan napas, kembali ke pose awal. Pose cobra memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengencangkan otot-otot di pinggul, menghilangkan stres dan kelelahan, merangsang organ-organ perut, dan meningkatkan panas tubuh.

Pose cobra telah dianggap sebagai terapi untuk asma, yang merupakan penyakit pernapasan lainnya. Pose cobra dapat membantu meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu pasien tuberkulosis. Pose yoga ini juga meningkatkan kekebalan dan kemampuan untuk melawan infeksi oleh tubuh, yang dapat membantu orang dengan tuberkulosis.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak