MUFFEST+ 2024 Road to IN2MF Sukses Digelar, Modest Fashion Indonesia Siap Terbang Mendunia

Senin, 09 September 2024 - 16:04 WIB
loading...
MUFFEST+ 2024 Road to...
(Foto: dok MUFFEST + 2024)
A A A
JAKARTA - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) + 2024 Road to IN2MF telah sukses diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersinergi dengan Bank Indonesia dan Gemalindo Kreasi Indonesia pada Kamis (8/8/2024) hingga Minggu (11/8/2024) di Istora Senayan Jakarta.

Tahun ini, perhelatan modest fashion terbesar di Indonesia yang digelar untuk kesembilan kalinya ini menawarkan banyak kebaruan. MUFFEST+ 2024 Road to IN2MF menghadirkan rangkaian acara trade show serta fashion show lebih dari 175 brand untuk memasarkan keunggulan produk modest fashion dan gaya hidup halal Indonesia.

Mengusung tema “Flying to The Global Market”, MUFFEST+ 2024 Road to IN2MF memberikan pengalaman berbelanja dengan semangat travel in style menuju panggung dunia. Tema tersebut dimaknai pula sebagai kesiapan modest fashion Indonesia menjadi trendsetter di pasar internasional dan mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat modest fashion dunia. Kolaborasi sektor fesyen dan musik turut menjadi sorotan MUFFEST+ tahun ini, seperti fashion show yang diiringi penampilan musisi muda sebagai bintang tamu, yaitu Voice of Baceprot dan HIVI.

Gelaran MUFFEST+ konsisten menghadirkan keragaman gaya modest fashion, mulai dari street wear, urban dan kontemporer style, evening wear, hingga syar’i dengan mengaplikasikan konsep sustainable atau keberlanjutan. Pameran dagang MUFFEST+ tahun ini menyediakan mulai dari produk tekstil hingga busana modest siap pakai dan pelengkapnya, seperti hijab, aksesori, tas, alas kaki, hingga produk kecantikan dan kosmetik.

Perhelatan MUFFEST+ 2024 Road to IN2MF secara resmi dibuka oleh Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Imam Hartono, bersama Plt Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Plt Dirjen PEN) Mardyana Listyowati, dan didampingi oleh National Chair Indonesian Fashion Chamber Lenny Agustin. Kemudian, hadir pula CEO PT Gemalindo Kreasi Indonesia Irvan Mahidin, dan Advisory Board Indonesian Fashion Chamber, Taruna K Kusmayadi.

Dalam sambutan Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung yang disampaikan oleh Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Imam Hartono, disampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi modest fashion yang luar biasa. Namun demikian, terdapat tantangan yang perlu diselesaikan bersama, yaitu tingginya ketergantungan terhadap bahan baku dari luar negeri, potensi pasar modest fashion yang belum tergarap dengan baik, serta keterbatasan desainer dari sisi kualitas desain, kapasitas usaha dan akses pasar yang berakibat pada masih relatif rendahnya akses pembiayaan terhadap sektor ini.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Bank Indonesia melakukan upaya penguatan modest fashion antara lain dengan penguatan pelaku usaha melalui program IKRA, penguatan produk dan penguatan promosi seperti penyelenggaraan Indonesia Internasional Modest Fashion Festival (IN2MF) dan berkolaborasi dengan MUFFEST+ sebagai rangkaian Road to IN2MF.

National Chair Indonesian Fashion Chamber, Lenny Agustin dalam sambutannya menyampaikan, “Pada tahun kesembilan pelaksanaan MUFFEST+ ini diharapkan semakin memperkuat peran strategis dalam memasarkan modest fashion Indonesia ke pasar global. MUFFEST+ konsisten memberikan perhatian khusus pada kolaborasi dengan institusi pendidikan bidang mode dan menggaungkan konsep sustainable sejak tahun 2020 sehingga produk modest fashion Indonesia memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan secara berkelanjutan.”

Pembukaan MUFFEST+ 2024 Road to IN2MF menampilkan pula fashion show persembahan Bank Indonesia yang memperlihatkan koleksi modest fashion dengan memakai keragaman wastra unggulan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Karya tersebut merupakan hasil kolaborasi antara desainer dan UMKM sektor fesyen dengan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), yaitu KaLLoLo by ARIE RICH persembahan KPw Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, SANET persembahan KPw Bank Indonesia Jember, Elly Virgo persembahan KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)