Endeus Festival Jadi Ajang Asah Kemampuan Siswa SMK PGRI 2 Kudus

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 03:26 WIB
Endeus Festival Jadi Ajang Asah Kemampuan Siswa SMK PGRI 2 Kudus
Endeus Festival Jadi Ajang Asah Kemampuan Siswa SMK PGRI 2 Kudus
A A A
JAKARTA - Sebanyak 10 siswa dari SMK PGRI 2 Kudus memperoleh bimbingan khusus dari koki Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) untuk menyajikan berbagai masakan khas Kudus. Hal itu berlangsung dalam ajang kuliner Endeus Festival 2019 yang berlangsung di Gandaria City, Jakarta, 25-27 Oktober 2019.

CEO Endeus.tv, David Wayne Ika mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik antusiasme dan komitmen SMK PGRI 2 Kudus dan Djarum Foundation tersebut. "Keterlibatan anak-anak SMK dalam Endeus Festival kali ini memberi daya tarik tersendiri karena termasuk salah satu booth yang mencuri perhatian para pengunjung," tuturnya dalam pernyataan resminya, Jumat (25/10).

Selain itu, kata David, sajiannya khas selera Nusantara, membawa cita rasa dari Kudus, Jawa Tengah. "Sejak tadi pagi sebelum resmi dibuka, sudah banyak orang yang lalu-lalang untuk foto booth yang berbentuk Rumah Kudus. Apalagi memang di sini menyediakan makanan khas Kudus seperti Sate Kerbau, Soto Kudus dan Garang Asem," terang David.

SMK PGRI 2 Kudus merupakan salah satu dari 16 SMK binaan Djarum Foundation yang berfokus di bidang kuliner. Keikutsertaan SMK PGRI 2 Kudus di festival kuliner ini juga sebagai panggung untuk memperkenalkan Kokiku sebagai teaching factory dari SMK PGRI 2 Kudus.

"Lewat Endeus TV kami mewadahi semua generasi di bidang kuliner mulai dari penjual makanan, pegiat makanan bisnis kuliner, brand masak serta chef dari berbagai kategori level. Ini adalah pengalaman berharga yang mungkin tidak didapatkan semua siswa SMK. Di sini mereka harus praktik langsung mulai dari memasak, testing food, persiapan event, sampai melayani dan berkomunikasi dengan pembeli," papar David.

Pada saat yang sama, Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Galuh Paskamagma mengungkapkan, sangat penting bagi para siswa sekolah kejuruan untuk berinteraksi langsung dengan dunia industri yang mereka geluti. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari proses interaksi langsung ke pasar.

"Keterlibatan SMK PGRI 2 Kudus di Endeus Festival merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi siswa di bidang kuliner. Mereka dihadapkan langsung dengan pasar dan industri kuliner, yang membutuhkan banyak tenaga kerja dengan keahlian spesifik," ujar Galuh.

Bukan hanya menikmati sajiannya, para pengunjung Endeus Festival juga bisa melihat secara langsung proses di balik dapur yang dilakoni para pelajar SMK PGRI 2 Kudus. Sedangkan menu yang disajikan merupakan menu kuliner khas Kudus seperti Soto Kudus, Sate Kerbau, Garang Asem dan Es Kuwud. "Ada juga masakan yang berasal dari resep orisinal yang telah mereka kembangkan sendiri yaitu ayam bumbu rujak," tambah Galuh.

Akhir pekan ini (27/10), siswa SMK PGRI 2 Kudus juga akan melakukan cooking demo bersama ACMI untuk memperkenalkan masakan Indonesia lebih dalam lagi. Pada hari itu, jumlah pengunjung diperkirakan terus naik mengingat puncak acara selama tiga hari ditutup dengan gelaran "Home Chef Competition Final".

Melalui hal kegiatan tersebut, Djarum Foundation mencoba memperlihatkan keseriusannya dalam melestarikan budaya Indonesia lewat cita rasa kuliner nasional yang beragam dengan melahirkan murid SMK yang andal. Sementara program Teaching Factory Kokiku merupakan bukti nyata bahwa SMK PGRI 2 Kudus dapat menciptakan tenaga kerja yang kompeten di kancah nasional maupun internasional.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4303 seconds (0.1#10.140)