alexametrics

Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

loading...
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator
Selama 35 tahun sejak film aslinya dirilis, dalam setiap serinya, Terminator selalu menampilkan model baru cyborg pembunuh dengan berbagai kecanggihannya. (losandes.com.ar)
A+ A-
Setiap seri Terminator tayang, tak jarang, jenis baru cyborg pembunuh dari masa depan datang. Pertama dibuat pada 1984 oleh James Cameron, film Terminator memperkenalkan T-800 yang diperankan Arnold Schwarzenegger. Tokoh ini awalnya bukan jagoan di film tersebut. Dia adalah tokoh jahatnya dan menjadi salah satu penjahat terbaik dalam sejarah film. Meski begitu T-800 menjadi tokoh baik dalam sekuelnya, Terminator 2: Judgment Day (1991).

Berbagai cara kemudian dilakukan untuk tetap memunculkan Terminator setelah James meninggalkan franchise itu pada pertengahan 1990an. tiap film baru Terminator senantiasa menampilkan cyborg pembunuh baru yang diharapkan lebih baik dan lebih keren. Terminator asli digantikan versi logam cair dengan kemunculan T-1000 yang diperankan Robert Patrick. Namun, hampir Terminator setelah itu dibuat berdasarkan dua protipe—T-800/T-1000—yang disatukan. Namun, pada 2009, Terminator: Salvation dibuat dengan setting perang masa depan melawan skynet. Sebagian besar cyborg yang muncul adalah versi primitif Terminator yang kemudian berpuncak pada pembuatan T-800 klasik. Di film ini juga diperkenalkan tokoh baru, Marcus Wright (Sam Worthington) yang merupakan Terminator manusia/cyborg hibrida pertama.

Pada tahun ini, penggemar akan diperkenalkan ada jenis baru Terminator, yaitu Rev-9 yang diperankan Gabriel Luna, di Terminator: Dark Fate. Dikutip dari Screen Rant, berikut sejumlah model Terminator yang telah muncul selama puluhan tahun di layar lebar dan layar kaca.



1. T-800
The Terminator (1984), Terminator 2: Judgment Day (1991), Terminator: Salvation (2009), Terminator: Genisys (2015), Terminator: Dark Fate (2019)
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

Terminator T-800 (Cyberdyne System Model 101) adalah robot pembunuh asli di franchise ini—dan tetap menjadi yang terbaik. Kali pertama tampil di The Terminator, T-800 awal dikirim ke masa lalu untuk membunuh Sarah Connor (Linda Hamilton). Namun, dia dihancurkan Sarah dan Kyle Reese (Michael Biehn). Di Terminator 2, John Connor di masa depan memprogram ulang sebuah T-800 dan mengirimkannya ke masa lalu untuk melindungi dirinya saat masih kecil (Edward Furlong). Model ini tidak lagi terlihat sampai purwarupanya diluncurkan Skynet di lini masa depan Terminator: Salvation. Di Terminator: Genisys, T-800 tua yang dijuluki Pops, kembali ke tahun 1970an untuk melindungi Sarah Connor (Emilia Clarke) muda. Dia tetap menjadi penjaganya sampai Sarah dewasa. Di Terminator: Dark Fate, T-800 yang dikirim ke masa lalu untuk membunuh John Connor, tampil dengan penampakan yang sudah tua. Di film ini, dia bernama Carl.

T-800 adalah kreasi gebrakan dari Skynet. Dia adalah organism sibernatik yang memiliki kesadaran diri. Dia memiliki jaringan hidup atas perpaduan endoskeleton sehingga robot ini bisa menembus manusia sebagai penyusup. CPU T-800 adalah prosesor (komputer pembelajar) jaringan netral dengan dokumen detil tentang anatomi manusia, yang membuatnya menjadi pembunuh yang lebih efektif. T-100 sangatlah kuat, tahan terhadap kerusakan, mampu mengoperasikan kendaraan, piawai dalam segala bentuk senjata dan tidak akan berhenti sampai dia menyelesaikan misinya.

2. T-1000
Terminator 2: Judgment Day, Terminator: Genisys
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

T-1000 sangat berbeda dengan model sebelumnya. Dia adalah purwarupa maju yang dibuat dari poly-alloy mimesis, logam cair yang bisa berubah bentuk dan meniru manusia yang membuatnya menjadi penyusup ulung. T-1000 juga bisa mengubah dirinya menjadi pisau, paku dan kait, tapi bukan mesin kompleks. Karena terbuat dari logam cair, T-1000 kebal terhadap peluru dan bisa merekonstruksi dirinya sendiri berkat panas ekstrem setelah dibekukan dengan nitrogen cair. T-1000 adalah antagonis utama di Terminator 2: Judgment Day. Namun, T-1000 lain juga dikirim ke 1984 dan melawan Kyle Reese (Jai Courtney) di Terminator: Genisys.

3. T-X
Terminator 3: Rise of the Machines (2003)
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

T-X alias Terminatrix (Kristianna Loken) yang sangat canggih adalah model pertama yang mengombinasikan T-800 dan T-1000, dengan memanfaatkan logam cair di atas endoskeleton logam. T-X lebih kuat, lebih cepat dan lebih tahan lama dibanding pendahulunya. Dia dikembangkan sebagai unit perang anti-Terminator. T-X mampu meretas dan meprogram ulang mesin lain dan juga menghancurkan Terminator lain. Selain itu, T-X adalah Terminator pertama dengan persenjataan yang built-in. Tangan kanannya bisa berubah menjadi meriam plasma, pelempar api dan peluncur granat. T-X juga bisa menganalisis DNA dengan mengambil sampel darah targetnya. Sebagai penyusup, T-X dilengkapi serangkaian emosi dasar manusia dan pemahaman profil psikologi manusia. Ini membuat Terminatrix adalah model pertama Terminator yang bisa marah atau frustasi dan mengeluarkan suara mengerang seperti manusia.

4. T-101 (Seri T-850)
Terminator 3: Rise of the Machines
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

T-850—yang disebut T-101 di Terminator 3—diprogram Kate Brewser (Claire Danes) pada 2032. Dia dikirim ke masa lalu untuk melindungi dirinya yang masih muda dan suaminya di masa depan, John Connor (Nick Stahl). Namun, T-850 itu membunuh John pada 2032 sebelum Kate memprogram ulang dia dan mengirimnya ke masa lalu. Secara fisik mirip T-800, T-850 memiliki sejumlah upgrade, seperti memahami psikologi manusia dan mampu membatalkan program awalnya dan beroperasi secara independen sementara tetap memenuhi tujuan misinya. T-850 menggunakan sel bahan bakar hidrogennya untuk menghancurkan T-X bersama dirinya, dengan memperlihatkan kemampuan untuk membatalkan protokolnya untuk tidak menghancurkan diri sendiri.

5. T-1
Terminator 3: Rise of the Machines
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

Purwarupa asli Terminator, T-1, merupakan mesin pembunuh yang relaif primitif yang dibuat di Cyber Research Systems. Bergerak di atas tapak, T-1 yang mirip tank adalah usaha CRS untuk menciptakan ulang karya Miles Bennett Dyson (Joe Morton). Sistem penyerang darat yang sepenuhnya otonom, T-1 dibuat untuk berperang. Meski gagal melawan T-850 di Terminator 3, seri T-1 tetap dibuat Skynet di masa depan dan menjadi purwarupa tank H-K (Hunter-Killer).

6. Cameron Phillips (T-900)

Terminator: The Sarah Connor Chronicles (2008)
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

T-900 alias Cameron Phillips (Summer Glau) adalah upgrade dari Terminator T-800. Dibuat untuk menyusup, T-900 memilki jaringan organik hidup (yang mencontoh pejuang Resistance, Allison Young) di atas susunan tinggi endoskeleton. Namun, Cameron berbeda karena dia memperlihatkan program untuk perilaku sosial manusia yang kompleks, termasuk menangis, makan dan merasakan. Meski tak sebesar T-800, Cameron tetap memiliki kekuatan besar Terminator, hanya dia dianggap lebih fleksibel—berkat pelatihan balet Summer—dan secara taktis menggunakan lingkungannya demi kepentingannya.

7. T-888

Terminator: The Sarah Connor Chronicles
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

T-888 alias T-Triple Eight adalah varian T-800. Terminator ini adalah pembunuh utama yang dikirim Skynet di serial Terminator: The Sarah Connor Chronicles. Meski mirip T-800 klasik, endoskeleton T-888 lebih bersenjata dan tahan terhadap kerusakan, terutama di bagian belakang. T-888 juga memiliki pisau di bagian paha yang bisa digunakan untuk memenggal kepala manusia. Selain itu, T-888 lebih kuat dan lebih cepat, dia bisa berlari dalam kecepatan yang sangat tinggi, balapan dan menangkap kendaraan.

8. Marcus Wright (Seri H)

Terminator: Salvation
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

Marcus Wright adalah manusia/Terminator hibrida dari Terminator: Salvation. Pada 2003, Marcus adalah seorang terpidana mati yang mengizinkan tubuhnya dipakai Project Angel yang dilakukan Serena Kogen (Helena Bonham-Carter) darri Divisi Riset Genetika Cyberdyne Systems. Marcus diubah menjadi cyborg hibrida dan diaktifkan pada 2018 tanpa tahu siapa dia dulunya. Otak dan jantung Marcus dikurung di dalam endoskeleton logam dan kulit luarnya ditumbuhkan kembali di atasnya. Sebagai Terminator hibrida Seri H, Marcus memiliki kekuatan yang lebih baik dan tahan terhadap kerusakan dibanding Terminator lain.

9. T-600/T-700/Moto-Terminator

Terminator: Salvation
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

Terminator: Salvation memperlihatkan pendahulu yang kurang maju T-800, yaitu T-600. Model ini adalah unit penyusup awal yang menampilkan endoskeleton perang yang kadang ditutupi lateks sintetik. Namun, karena kulit karet mereka sangat primitive, pejuang Resistance manusia bisa dengan mudah melihat mereka. T-700 adalah jembatan ke T-800 dan dibuat untuk bertarung dan memiliki endoskeleton yang lebih tahan lama. T-600 dan T-700 bisa memperbaiki diri sendiri tapi tidak mampu berpikir secara independen dan bergantung pada Skynet untuk perintah dan pemprograman. Selain itu, di film ini juga diperlihatkan Moto-Terminator, termasuk Harvester, yang merupakan Terminator kendaraan yang diprogram untuk memburu dan menangkap manusia.

10. John Connor (T-3000), T-5000

Terminator: Genisys
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

Di tahun 2029, John Connor (Jason Clarke) diubah Skynet (dalam bentuk T-5000) menjadi T-3000. Terinsfeksi materi fasa mesin, kode genetik manusia John tertulis ulang seutuhnya sampai tubuhnya terdiri atas miliaran nanomesin. T-3000 jauh lebih kuat dari T-800. Dia memiliki refleks yang lebih cepat, kemampuan tempur tangan kosong yang lebih baik dan bisa berfase melalui serangan. T-3000 menahan semua memori manusia dan bisa meniru emosi dan perilaku manusia. Namun, karena nanobot T-3000 disatukan ladang magnet, ini membuat model ini rentan terhadap serangan magnetik level tinggi. T-800 bernama Pops menghancurkan T-3000 dengan ladang magnet yang dibangkitkan Time Displacement Equipment.

11. REV-9

Terminator: Dark Fate
Berbagai Model Cyborg yang Tampil di Seluruh Film Terminator

Terminator: Dark Fate menampilkan model baru Terminator, Rev-9. Model ini adalah fusi antara T-800, T-1000 dan T-X. Terminator ini dilengkapi endoskeleton yang dibungkus dalam poly-alloy memetis. Namun, tak seperti T-X, model ini bisa memisahkan dua komponennya, yang bisa berfungsi dan menyerang secara mandiri. Tak seperti T-1000 yang terbuat dari logam cair, cangkang luar Rev-9 berbasis karbon. Rev-9 juga memiliki program lebih maju yang membuatnya bisa mereplika perilaku dan emosi manusia yang membuatnya menjadi cyborg terakhir mesin pembunuh yang lebih efektif ketimbang pendahulunya. Selain itu, Terminator: Dark Fate juga memperkenalkan tipe baru Terminator bertentakel dalam peperangannya.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak