Penderita Kanker Usus Bikin Gaun Pengantin dari Kantong Kolostomi

Kamis, 31 Oktober 2019 - 15:30 WIB
Penderita Kanker Usus Bikin Gaun Pengantin dari Kantong Kolostomi
Penderita Kanker Usus Bikin Gaun Pengantin dari Kantong Kolostomi
A A A
Seorang penderita kanker usus, Angela Elders yang merasa malu dengan kantong kolostomi telah menggunakan ratusan kantong tersebut untuk membuat gaun pengantin dalam upaya untuk mengingkatkan kesadaran tentang penyakit ini. Wanita asal Bolton-le-sands itu, menduga mengidap penyakit yang sama dengan ibunya lima tahun lalu. Setelah dua tahun sakit perut dan perubahan buang air besar yang tidak dapat dijelaskan, Angela didiagnosis menderita kanker stadium tiga pada tahun 2014 dan menggunakan kantong kolostomi selama satu tahun sehingga membuatnya sangat malu sehingga kesulitan untuk meninggalkan rumah.

Dilansir dari Mirror, Angela bertekad untuk mematahkan stigma penyakit itu sehingga ia memulai merancang gaun dengan menarik dan menjahit kantong-kantong itu dalam berbagai ukuran. Dalam proses pembuatannya, Angela mendapatkan sumbangan kantong kolostomi lama yang tidak digunakan dari banyak orang. Angela, bahkan mengenakan gaun tersebut ke putrinya, Natasha dan berharap seorang pengantin wanita akan mengenakan gaun itu suatu hari. Meski desainnya tak biasa, Angela dapat mengubahnya sesuai keinginan atau kebutuhan seseorang.

"Orang tidak benar-benar berbicara tentang kanker usus, mereka sangat terbuka tentang kanker lain tetapi tidak ini karena itu dianggap memalukan," kata Angela.

"Orang-orang bertanya kepada saya 'apa itu kantong kolostomi?'. Mereka belum pernah melihat sebelumnya atau tahu bagaimana menggunakannya," tambahnya.

Setelah enam bulan menjalani kemoterapi, Angela menjalani pembedahan untuk menghilangkan kantung kolostomi pada Oktober 2015, tetapi dampaknya pada hidupnya mengilhami dia untuk menggunakan gelarnya dalam desain mode untuk membawa perubahan. Setelah menghadiri acara Lancaster Slow Fashion show 2018, yang merayakan pakaian daur ulang, mantan guru tekstil itu memutuskan untuk mulai mengumpulkan lebih dari 100 kantong medis untuk membuat gaun pesta untuk pertunjukan tahun ini.
Penderita Kanker Usus Bikin Gaun Pengantin dari Kantong Kolostomi

Membuat dan menjahit seluruh gaun dengan tangan, Angela membutuhkan waktu dua jam sehari selama seminggu untuk mengerjakan bahan yang sulit ke gaun dengan menjepit tas dengan ukuran yang berbeda-beda ke korset satin buatan tangan dan menjahitnya bersama-sama. Dia pun telah bersumpah untuk menyewakan gaun itu untuk membantu meningkatkan kesadaran, dan berharap bahwa seorang selebriti pemakai kantong kolostomi dapat menjadi sukarelawan untuk mengenakan rancangannya itu.

"Membuat gaun itu membutuhkan waktu lebih lama daripada yang kupikirkan karena itu bahan yang cukup sulit untuk dikerjakan. Pada satu titik saya telah meletakkan semua tas ke bawah dan saya membawanya ke mesin jahit dan mereka semua mulai terbang ke mana-mana," kata dia.

"Aku ingin melihat seorang selebritas tampil dan mengakui bahwa mereka memiliki kantong kolostomi dan secara sukarela mengenakan gaun itu untuk membantu kita meningkatkan kesadaran, kelihatannya indah sekali," lanjutnya.

Selain menyewakan gaun itu, Angela sekarang juga menjadi nasihat penjahit untuk pemakai kantong koostomi lainnya sehingga mereka dapat menyesuaikan pakaian mereka.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4814 seconds (0.1#10.140)