7 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Jum'at, 13 September 2024 - 13:55 WIB
loading...
7 Penyebab Kulit Kering...
(Ilustrasi: dok Freepik)
A A A
JAKARTA - Kulit kering adalah masalah umum yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini bisa membuat kulit terasa tidak nyaman, bersisik, bahkan pecah-pecah. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, mulai dari faktor lingkungan hingga kondisi kesehatan tertentu.

Apa saja penyebab kulit kering dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas satu per satu!

1. Kurang Minum Air Putih

Air sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Ketika tubuh kekurangan air, kulit akan menjadi kering dan kusam. Maka dari itu, Anda harus perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.

2. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sinar UV dari matahari dapat merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering. Agar kulit selalu terlindungi dari paparan sinar matahari, Anda harus menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai sebelum beraktivitas di luar ruangan.

3. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Keras

Beberapa produk perawatan kulit, seperti sabun yang mengandung bahan kimia keras, dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya menjadi kering. Untuk itu, Anda harus memilih produk perawatan kulit yang lembut dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

4. Udara Dingin dan Kering

Udara dingin dan kering dapat menarik kelembapan dari kulit, membuatnya menjadi kering dan bersisik. Agar kulit tetap lembap, Anda diwajibkan untuk menggunakan pelembap secara teratur, terutama setelah mandi atau mencuci muka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)