Peran Penting Teknologi dalam Operasi Kembar Siam

Senin, 04 November 2019 - 17:02 WIB
Peran Penting Teknologi dalam Operasi Kembar Siam
Peran Penting Teknologi dalam Operasi Kembar Siam
A A A
JAKARTA - Pada awal Desember 2016, tim dokter Rumah Sakit Stanford Lucile Packard Children melakukan operasi kembar siam berusia dua tahun, yakni Eva dan Erika Sandoval. Mereka berhasil dipisahkan dalam operasi yang berlangsung selama 17 jam.

Operasi itu melibatkan 50 orang dokter, termasuk beberapa dokter terbaik di dunia untuk melakukan operasi yang sangat kompleks ini karena si kembar berbagi banyak organ. Operasi dipimpin Gary Hartman, MD, seorang profesor bedah klinis di School of Medicine.

Seperti dilansir fogartyinstitute.org, operasi itu menandai pemisahan kelima yang dia lakukan di Stanford, tetapi menjadi yang pertama menggunakan sistem pencitraan realitas virtual interaktif 3D yang membantu merencanakan operasi dan mengatasi komplikasi tak terduga.

Dengan menggunakan kacamata 3D dan tampilan khusus, perangkat lunak yang dikembangkan oleh startup Fogarty Institute EchoPixel, memungkinkan dokter untuk melihat dan berinteraksi dengan organ seolah-olah mereka adalah objek fisik, menawarkan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memeriksa anatomi pasien dari setiap sudut.

Frandics Chan, MD, ahli radiologi jantung Stanford dan profesor radiologi di Stanford University Medical Center bekerja dengan EchoPixel untuk mengembangkan alat realitas virtual dan telah menggunakannya untuk membantu dokter memvisualisasikan kasus jantung bawaan yang lebih kompleks baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Dia juga menggunakan teknologi EchoPixel untuk membantu tim bedah si kembar sebelum dan selama operasi. Terutama, dia menggunakan alat VR untuk membantu ahli bedah memvisualisasikan anatomi panggul kompleks si kembar siam yang berbagi tiga kaki, yang salah satunya tidak berfungsi. (Baca juga: Mengenal Kembar Siam Seperti yang Dialami Ardi dan Ardan ).

Teknologi memainkan peran penting dalam memungkinkan mereka untuk merencanakan cara terbaik untuk memisahkan saudara perempuan tanpa pembuluh darah besar yang keluar. Selama operasi, Dr. Chan dipanggil empat kali untuk menjawab pertanyaan tentang cara terbaik untuk mendekati komplikasi yang tidak terduga, yang semuanya ditangani dengan bantuan sistem VR.

Secara khusus, teknologi EchoPixel membantu mengkonfirmasi orientasi si kembar dan lokasi pembuluh darah yang melewati hati; ditentukan mana yang memiliki usus besar tunggal; dan memberikan solusi untuk cara menggunakan kaki yang tidak berfungsi.

"Teknologi EchoPixel sangat diperlukan selama proses perencanaan dan operasi itu sendiri. Dalam kasus kompleks, yang siap untuk komplikasi, perangkat lunak ini memungkinkan dokter untuk membiasakan diri dengan anatomi yang abnormal tepat sebelum mereka membuka tubuh. Ini dapat memberi mereka wawasan tentang cara terbaik untuk melanjutkan selama operasi, meminimalkan situasi yang tidak terduga,” jelas Dr. Chan.

Untuk EchoPixel, ini satu lagi kisah sukses yang bermanfaat untuk startup. Selain situasi seperti si kembar siam, teknologi ini memiliki aplikasi yang menjanjikan untuk menyelesaikan berbagai kasus kompleks, termasuk mendiagnosis dan merawat kondisi jantung yang rumit.

"Penampil 3D Sejati kami telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam berbagai aplikasi, mulai ukuran perangkat hingga kolonoskopi virtual, tetapi kami sangat senang dengan kemajuan kami dalam kardiologi pediatrik," kata Ron Schilling, CEO EchoPixel.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5652 seconds (0.1#10.140)