Sandiaga Uno Resmikan Mi Panjang Umur, Kuliner Baru di Blok M

Senin, 16 September 2024 - 23:20 WIB
loading...
Sandiaga Uno Resmikan...
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga meresmikan kuliner terbaru, mi panjang umur yang bernama Misoa Story di Blok M, Jakarta Selatan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan spot kuliner terbaru, mi panjang umur yang bernama Misoa Story di Blok M, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Sandiaga mengapresiasi inovasi ini sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan sektor ekonomi kreatif di Jakarta. Kehadiran Misoa Story juga menjadi daya tarik baru di Pasaraya Blok M, sekaligus memperkaya ragam kuliner yang terus berkembang.

Menurut Sandiaga, transformasi kawasan Blok M dari masa ke masa sangat luar biasa. Mulai dari ruang kreatif M Bloc Space hingga tersedianya alat transportasi MRT yang terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

"Dan sekarang yang tak kalah hebohnya adalah kuliner. Jadi Misoa Story melengkapi culinary experience di Pasaraya Blok M," kata Sandiaga saat pembukaan gerai Misoa Story di Bliok M, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2024).



Misoa sendiri memiliki arti mi panjang umur dan merupakan bentuk akulturasi budaya Indonesia dan China yang biasa disebut sebagai peranakan. Kuliner peranakan di Indonesia biasanya berupa hidangan yang menggunakan mi. Di antaranya bakmi, bihun, laksa, kwetiau, mi pangsit, misoa, dan lain-lain.

"Beberapa belas tahun yang lalu saya juga berbisnis sama Mbak Nur (Istri Sandiaga Salahuddin Uno), bisnis restoran peranakan dan ternyata banyak peminatnya. Karena kita itu secara natural senang makan makanan peranakan mi dan itu ada di dalam budaya kita," jelas Sandiaga.

Kuliner, diungkap Sandiaga, menjadi subsektor penyumbang terbesar dari PDB Ekonomi Kreatif. Di mana kuliner menyumbang sebesar Rp519 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB atau nilai tambah ekonomi kreatif sebesar Rp1,280 triliun pada 2022, dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 13 juta orang.

Sementara itu, Direktur Utama Pasaraya Blok M Medina Latief, berharap Misoa Story dapat menjadi flagship store. Di Pasaraya Blok M sendiri telah dipenuhi oleh pelaku usaha muda yang merambah dunia kuliner.



"Saya bangga karena ini menunjukkan bahwa kreativitas dari anak-anak muda Indonesia benar-benar tidak selalu memerlukan dukungan brand besar atau franchise. Ini dapat menjadi study case bahwa gen Z dan milenial berani berbisnis," ujar Medina.

Pada kesempatan yang sama, Owner Misoa Story Laja Lapian, mengungkap bahwa selain di Blok M, Misoa hadir di Fresh Market Emerald Bintaro, Space Pondok Gede, dan BSD Intermoda. Untuk di Fresh Market Emerald Bintaro sendiri berhasil menjual sebanyak 1.000 porsi per hari.

"Alhamdulillah Misoa hadir di daerah Blok M yang meramaikan deretan kuliner viral. Dan kami sudah mendapatkan sertifikasi halal. Kalau di Bintaro hanya satu menu, sementara di sini ada varian menu lainnya," papar Laja.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)