alexametrics

Orang Lebih Suka Nonton Film DC Ketimbang Marvel di Rumah

loading...
Orang Lebih Suka Nonton Film DC Ketimbang Marvel di Rumah
Sebuah kajian terbaru menyebutkan, 73% orang lebih mau menunggu untuk menonton film superhero DC tampil di layanan streaming mereka ketimbang film Marvel. (ScreenGeek)
A+ A-
Beberapa tahun belakangan ini, film superhero terus menanjak popularitasnya dengan DC dan Marvel menjadi pemain utamanya. Meski begitu, ada perbedaan kebiasaan di kalangan penonton film untuk menyaksikan film dari dua studio ini. Penonton lebih suka nonton film DC di rumah.

Kebiasaan ini terungkap dalam sebuah kajian tentang praktik streaming dan bagaimana hal itu mempengaruhi cara mereka mengonsumsi media itu yang digelar Flixed. Salah satu hal menarik dari hasil itu adalah 73% responden mau menunggu film DC masuk ke layanan streaming langganan mereka ketimbang segera nonton di bioskop. Dari kajian itu, hanya 66% penonton yang mau menunggu film Marvel (dan Star Wars) masuk layanan streaming. Sementara, orang paling tidak peduli pada masa depan franchise Harry Potter—yang diteruskan dengan seri Fantastic Beasts. Sekitar 75% orang mengatakan lebih memilih nonton film franchise ini di rumah.

Studio pembuat film-film ini mengakui peran penting platform streaming terkait bagaiman film dan show televisi didistribusikan di seluruh dunia. Baik Disney dan Warner Bros. sedang berancang-ancang meluncurkan layanan mereka sendiri, yaitu Disney+ dan HBO Max. Sementara tidak ada kaitan antara serial televisi streaming DC dan filmnya di layar lebar, ini bisa berubah tergantung status industrinya. Untuk Marvel Cinematic Universe (MCU), bos Marvel Studios Kevin Feige dan timnya dengan baik mengonsolidasikan konten Marvel dengan serangakaian show dalam semesta yang sama di Disney+. Meskipun ada perbedaan kondisi, tetap menarik untuk dilihat apakah franchise ini akan memiliki efek pada penampilan di box office.



Perseteruan Marvel dan DC sudah dimulai sejak puluhan tahun lalu dalam bentuk cetak. Kini, perseteruan mereka telah pindah ke layar lebar dengan kedua perusahaan itu membuat semesta sinematik sendiri-sendiri. Meningkatnya popularitas film superhero belakangan ini membuat Marvel dan Warner Bros. tidak berencana untuk memperlambat jalan mereka dengan serangkaian rencana perilisan film dalam beberapa tahun ke depan.

Yang perlu dicatat, film Marvel lebih baik dalam hal meraup uang ketimbang film DC. Jadi, hasil kajian ini sebenarnya tidak terlalu mengagetkan. Publik hanya lebih terinvestasi pada MCU saat ini, meskipun kalau dipikir-pikir, 66% itu masih tinggi. Namun, kalau film seperti Joker atau Aquaman adalah indikasi, maka film superhero DC pun akan mampu mengejar pesaing beratnya itu.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak