alexametrics

Lewat Takayama, Jepang Makin Ramah dengan Wisatawan Muslim

loading...
Lewat Takayama, Jepang Makin Ramah dengan Wisatawan Muslim
Jepang semakin ramah dengan wisatawan muslim. lewat Takayama, daerah ini hadir fasilitas pendukung, seperti restoran halal, hotel hingga tempat beribadah sehingga memberi kenyamanan turis muslim. Foto/SINDOnews/Diana Rafikasari.
A+ A-
TAKAYAMA - Beberapa tahun belakangan, Takayama, Jepang menghadirkan pariwisata dengan konsep ramah muslim. Sejumlah fasilitas pendukung, seperti restoran, hotel hingga tempat beribadah terus dibangun. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi turis muslim saat berwisata ke Takayama.

Meski kebanyakan penduduknya non-muslim, hingga saat ini lebih dari 100 hotel telah mendapatkan sertifikasi halal. Hal ini membuat Takayama semakin ramah terhadap wisatawan muslim.

Yoshifumi Yamashita selaku City of Takayama Overseas Marketing Strategy Department mengatakan Takayama mulai fokus terhadap wisata halal sejak tiga tahun lalu dan hingga saat ini sehingga Takayama dapat menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan muslim.
Lewat Takayama, Jepang Makin Ramah dengan Wisatawan Muslim

"Sejak tiga tahun lalu, kita mulai fokus wisatawan muslim. Semua pihak kita kerjasama untuk bangun wisatawan muslim," kata Yamashita kepada SINDOnews di Hida Hotel Plaza, Jepang, (6/11/2019).



Untuk lebih meyakinkan wisatawan muslim dari berbagai negara berlibur ke Takayama, pemerintah setempat telah memberikan simbol berupa 'Muslim Welcome'. Simbol ini bisa ditemukan di banyak fasilitas dengan mudah di Takayama.

Selain itu, adanya simbol ini juga menjadi bukti keseriusan pemerintah Jepang, khususnya Takayama dalam mengembangkan wisata ramah muslim. "Ada simbol tersebut, tempat tersebut berarti memiliki tempat untuk beribadah, bebas babi dan alkohol, daging halal," ungkapnya.

Sementara, untuk destinasi ramah muslim, Yamashita menyarankan untuk mengunjungi Shinhotaka Ropeway, Shirakawago hingga Okuhida-Onsengo.
Lewat Takayama, Jepang Makin Ramah dengan Wisatawan Muslim

Untuk restoran sendiri terdapat Aji no Yohei, Hida Takayama Ekimaeken, Thanyaporn, Beef Bun & Cafe Kihachiro, Syuza Restaurant, Hidasoba Kofune, Takumikana (Artigiano), Otowaya, Citta del Pane, Yayoi Soba, Hida Takayama Teddy Bear Eco Villege hingga Kyoshi yang akan memanjakan lidah Anda.

Adapun penginapan ramah muslim yang dapat menjadi pilihan untuk menginap terbilang banyak, seperti Cottage Okuhi Loghouse, Okuhida Garden Hotel Yakedake, Hotel Hoyaka, Irori, Ryokan Tanabe, Hida Hotel Plaza dan Minshuku Kuwatainya serta Thai Restaurat & Geust House.

Sedangkan, Anda yang ingin berbelanja, pastikan mengunjungi dan membeli Fukunjuan, Takayama Pudding Tei, Noix De Coco, Bunrindo, Otowaya, Utsuboya dan Ander-sen. "Aji no Yohei biasanya paling sering dikunjungi wisatawan muslim," ujarnya.

Dengan menu yang beragam dan tentunya nikmat di lidah, Yamashita menambahkan bahwa setiap restoran di Takayama wajib mendaftarkan makanan mereka untuk mengetahui kandungan apa yang terdapat didalamnya dan apakah aman untuk dikonsumsi.
Lewat Takayama, Jepang Makin Ramah dengan Wisatawan Muslim

Wisatawan muslim dari negara Asia seperti Indonesia pun masih mendominasi kunjungan wisatawan di Takayama dan akan menjadi target untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan muslim. "Lembaga kaya MUI nggak ada. Tapi standar ada. Tiap restoran juga wajib mendaftarkan makanan. Kalo halal, berarti halal," tutur dia.

Anda yang penasaran mengunjungi Takayama, khususnya bagi para Free and Independent Traveler (FIT), dapat memulai perjalanan dari Nagoya Station ke Takayama Nohi Bus Stop menggunakan Nohi Bus kurang lebih selama 2 jam 30 menit. Bus ini dapat digunakan dengan Anda mengenakan Shoryudo Highway Bus Ticket atau tiket terusan bus yang bisa dibeli secara online atau melalui travel agent di Indonesia.

Namun, jika Anda dari Toyama, mulai lah dari Toyama Station menggunakan JR Hida 20 Ltd Exp Nagoya, selama 1 jam 30 menit dan akhiri perjalanan Anda di Takayama Station.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak