alexametrics

Mie Bihun Seafood, Pilihan Asyik untuk Santap Siang Ini

loading...
Mie Bihun Seafood, Pilihan Asyik untuk Santap Siang Ini
Mie Bihun Seafood dengan rasa segar dari jahe memberi kenikmatan tersendiri. Menu ini pun bisa menjadi pilihan santap siang hari ini. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Mie Bihun Seafood bisa menjadi pilihan untuk cemilan siang hari ini. Utamanya untuk mereka yang memiliki selera tinggi kuliner. Pasalnya, menu yang satu ini memiliki kaya rasa yang bisa memanjakan lidah.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya.

Bahan 1:
400 g bihun beras kering, diseduh
150 g sawi hijau, potong 3 cm
Keripik bawang dihancurkan, secukupnya
Kulit pangsit goreng, secukupnya



Bahan 2: (minyak mie)
150 g lemak ayam
5 siung bawang putih, memarkan
4 sdm minyak goreng
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk
1 sdm air panas

Bahan 3: (campur rata)
5 sdm kecap asin
1½ sdm kecap ikan
1 sdm minyak wijen

Bahan 4: (lauk Mie)
4 sdm minyak goreng
5 siung bawang putih, cincang
3 cm jahe, dimemarkan
1 sdm kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt Ladaku Merica Bubuk
5 buah baso ikan, potong
150 g udang sedang, kupas kulit ekornya
100 g jamur, potong serasi
100 g crab stick, potong serong
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
50 ml air

Cara membuat:
Campur bahan 3 (kecap asin, kecap ikan dan minyak wijen), aduk rata, sisihkan. Masukkan bawang putih, lemak ayam & minyak goreng ke wajan.

Goreng dengan api kecil hingga lemak ayam menyusut dan bawang putih kekuningan. Masukkan Desaku Kunyit Bubuk & 1 sdm air panas ke dalam mangkok kecil, aduk hingga larut & rata. Tuang larutan Desaku Kunyit Bubuk ke dalam tumisan, aduk hingga air menyusut. Saring minyak ayam ke dalam wadah, sisihkan.

Tumis jahe dan bawang putih hingga kekuningan. Masukkan udang, masak hingga cukup matang. Masukkan kecap ikan, kecap manis & saus tiram, jamur & bakso ikan, aduk hingga rata. Masukkan garam, gula pasir & air, aduk rata. Tambahkan crab stick, Ladaku Merica Bubuk, aduk, matikan api.

Masukkan sawi hijau & bihun ke dalam tirisan, celup ke air mendidih, aduk sesaat dengan garpu, tiriskan hingga kering. Masukkan 2 sdt minyak ayam & 1 sdt larutan kecap ke dalam mangkok. Masukkan sawi hijau & bihun ke dalam mangkok, aduk hingga mie terbalut dengan minyak dan kecap. Masukkan lauk seafood & tuangkan sedikit kuah. Taburkan bawang putih goreng & kerupuk pangsit. Angkat & sajikan selagi hangat.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak