alexametrics

Bunda, Ini 5 Cara untuk Mencegah Bayi Terkena Flu dan Batuk

loading...
Bunda, Ini 5 Cara untuk Mencegah Bayi Terkena Flu dan Batuk
Musim pancaroba membuat banyak orang, terutama bayi, rentan terkena flu dan batuk, karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum terbentuk dengan sempurna. (Romper)
A+ A-
JAKARTA - Memasuki musim pancaroba dari kemarau ke hujan sering kali membuat para ibu khawatir dengan kesehatan bayi mereka. Tak jarang, masa-masa seperti ini membuat si kecil rentan terkenal flu dan batuk.

Flu yang disertai batuk bisa disebabkan oleh virus influenza yang menyebar melalui udara. Penyakit ini rentan dialami oleh bayi karena sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna.

Namun, jangan khawatir, Bunda! Karena penyebaran virus dan bakteri penyebab flu dan batuk ini tergolong mudah, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah bayi Anda terkena penyakit ini seperti direkomendasikan Alodokter.

1. Rutin mencuci tangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk melindungi si kecil dari flu dan batuk adalah dengan rajin mencuci tangan sebelum menyentuhnya. Kebiasaan ini juga harus diterapkan oleh semua anggota keluarga dan teman-teman yang ingin menyentuh bayi Anda.



Agar bersih sempurna, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa juga untuk menggosok tangan dengan sabun selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, keringkan dengan cara mengelapnya menggunakan handuk bersih.

2. Berikan bayi makanan bergizi
Untuk bayi yang sudah bisa mengonsumsi makanan padat sebagai MPASI, jangan lupa untuk selalu memberikan dia makanan yang bergizi seimbang. Jika si kecil masih menyusu, rutin memberikan air susu ibu (ASI) bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya, sehingga bisa melindunginya dari paparan infeksi penyebab flu dan batuk.

Makanan bergizi bisa membantu pembentukan sistem imun si kecil. Sistem imun yang baik melindungi bayi Anda dari kuman yang ada di sekitarnya, termasuk virus penyebab flu dan batuk.

3. Hindari mencium bayi ketika sakit

Melihat bayi bisa membuat siapa saja gemas dan ingin menciumnya. Namun, jika Anda sedang terserang flu dan batuk, maka jangan melakukannya. Menurut penelitian, kuman dan bakteri penyebab flu dan batuk bisa masuk ke dalam tubuh bayi melalui ciuman. Jangan lupa juga untuk melarang orang yang sedang sakit untuk mencium bayi Anda.

4. Hindari tempat yang ramai
Sebisa mungkin, jangan bawa si kecil ke tempat umum yang ramai, seperti mall atau pasar, terlalu sering maupun terlalu lama. Ini karena sistem imun bayi biasanya belum terbentuk sempurna. Selain itu paparan polusi udara, akan membuatnya rentan terserang virus penyebab flu dan batuk.

5. Berikan vaksin
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi Anda terserang flu dan batuk adalah dengan melakukan vaksinasi influenza. Vaksin ini biasanya dapat diberikan ketika bayi sudah berusia 6 bulan.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak