alexametrics

Peran Penting Nutrisi dalam Menjaga Kesehatan Mental

loading...
Peran Penting Nutrisi dalam Menjaga Kesehatan Mental
Aspek kesehatan mental yang paling tidak dikenal adalah nutrisi. Makanan berinteraksi dengan bahan kimia dalam tubuh secara teratur dan mengubah kinerjanya. (The Daily Meal)
A+ A-
JAKARTA - Salah satu aspek kesehatan mental yang paling tidak dikenal adalah peran nutrisi. Gelombang psikiatri nutrisi yang meningkat telah menyebabkan hubungan antara apa yang Anda makan dan bagaimana pikiran berfungsi. Tidak dapat disangkal bahwa diet yang dijalani mempengaruhi secara fisik, emosional dan mental.

Makan makanan yang baik yang mengandung vitamin, mineral dan antioksidan dikenal memberi makan otak dan berdampak positif. Seseorang dengan diet lebih banyak buah-buahan, sayuran segar, dan minuman, diketahui menggunakan otaknya dengan kapasitas yang lebih tinggi daripada seseorang yang mengisi diet mereka dengan minuman manis dan alkohol.

Dilansir dari Times Now News, makanan berinteraksi dengan bahan kimia dalam tubuh secara teratur dan mengubah kinerjanya. Dia bekerja sebagai bahan bakar yang memberi energi, mempercepat dan meningkatkan produktivitas. Makan makanan yang kaya protein, asam lemak omega-3, dan minum air putih yang cukup dipercaya dapat mengurangi tingkat stres dan depresi.



Dalam hal kesehatan, fisik atau mental, makan dengan benar adalah satu-satunya aturan. Dalam hal ini penting untuk menghindari makanan yang sarat gula, makanan olahan, atau makanan yang memiliki nutrisi lebih sedikit. Karena itu, junk food, gorengan, dan makanan berminyak sebaiknya dihindari.

Adapun diet yang ramah otak meliputi buah-buahan segar, sayuran, produk susu rendah lemak, makanan kaya protein dan gandum utuh. Lemak jenuh, karbohidrat, gula dan lain-lainnya harus ada tetapi dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Bekerja dengan diet yang membantu mendapatkan nutrisi penting membantu mengoptimalkan fungsi otak.

Beberapa makanan yang harus dimakan untuk kesehatan otak yang lebih baik termasuk stroberi, blueberry, alpukat, kenari, almond, telur, cokelat hitam, kunyit dan lain-lain. Diet nutrisi merupakan rahasia di balik pikiran dan tubuh yang sehat. Nutrisi membantu pertumbuhan tubuh, perkembangan otak, tingkat IQ dan kesadaran seseorang. Sejak bayi dilahirkan hingga usia tua, otak terus berkembang.

Makanan bernutrisi bertindak sebagai bahan bakar bagi otak untuk menyalurkan kerjanya, produktivitas, dan cara fungsi tubuh. Makan sehat bisa menjadi tantangan, tetapi makanan jenis ini bisa membantu Anda lebih baik fokus, kesadaran, kebahagiaan, kepuasan, daya ingat menjadi lebih tajam dan meningkatkan daya ingat. Sedangkan, pasien yang menderita penyakit kejiwaan atau masalah pertumbuhan dan perkembangan, menanamkan kebiasaan makan yang sehat, perubahan gaya hidup, baik untuk kesehatan mental dan kebugaran fisik.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak