alexametrics

Nivea Body and Creme

Perkuat Imajinasi dengan Dongeng

loading...
Perkuat Imajinasi dengan Dongeng
Sebuah pergelaran yang akan menggali daya imajinasi anak tengah disiapkan di Jakarta. Foto/Dok Nivea
A+ A-
JAKARTA - Momen kedekatan ibu dan anak dipercaya dapat membangun memori menyenangkan serta berpengaruh terhadap perkembangan si buah hati. Mendongeng dapat memperkuat imajinasi sekaligus mempererat kedekatan anak dengan ibu.

Dokter Spesialis Syaraf Anak Herbowo Soetomenggolo menjelaskan, mendongeng meliputi beberapa hal termasuk coupling, yakni mendengarkan, memproses informasi, dan mengolah informasi menjadi data sesuai imajinasi anak. Dengan mendongeng, menurutnya, otak anak bekerja lebih aktif. “Hal ini berarti ada aktivitas di cortex dan otak akan merilis beberapa hormon,” ujar Herbowo saat ditemui di The Maj Senayan, beberapa waktu lalu.

Lewat aktivitas mendongeng, anak akan mengalami kerja otak. Ketika orangtua sebagai pendongeng bercerita sesuatu, hal itu pula yang akan dipikirkan oleh anak-anak saat mendengarkannya. “Saat mendongeng ada hormon-hormon yang dilepaskan seperti dopamine, kortisol, dan oksitosin. Ketiga hormon tersebut mengatur perubahan emosi, kewaspadaan, dan empati hingga kita dapat mengingat alur cerita yang disampaikan,” ujar Herbowo



Lebih lanjut menurut Herbowo, terdapat dua faktor yang berperan yakni faktor internal dan eksternal. Dari faktor internal seperti genetik, ras, dan usia yang mencakup 40%. Sedangkan faktor eksternal meliputi nutrisi, lingkungan, serta stimulasi yang mempengaruhi sebesar 60%.

Mendongeng menurut Herbowo memberikan stimulasi pada anak. Prinsip stimulasi terbaik adalah stimulasi dua arah. Penambahan sentuhan saat mendongeng, lanjutnya, sangat berpengaruh pada bagian otak, emosi, dan memori. “Mendongeng sangat penting secara medis dalam hubungan kemampuan literasi dan kognitif," lanjut Herbowo.

Berbicara mengenai mendongeng, brand kecantikan Nivea berkomitmen mempererat bonding time atau ikatan ibu dan anak lewat Nivea #SentuhanIbu 2019 World of Imagination. Gelaran ini bakal dilaksanakan di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, pada 20-22 Desember 2019. Kegiatan atraktif ini bekerja sama dengan Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main, dan Sembilan Matahari. "Taman bermain yang terbuat dari cerita tentang imajinasi dikombinasikan dengan seni digital yaitu video mapping yang dirancang khusus lewat alur cerita dari Ayo Dongeng. Di sini ada interaksi di dalamnya, ibu dan anak harus bekerja sama menyelesaikan misi dan mempererat bonding moment," kata Brigitta Dewi Pricillia, Brand Executive Nivea Body and Creme.

Pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Mochamad Ariyo Faridh Zidni, memberi dukungan lewat cerita di taman bermain yang akan menampilkan banyak interaksi antara ibu dan anak. Ia menyebut, interaksi itu tak hanya bermain, tapi juga menciptakan pengalaman bersama.

Aryo menuturkan, kunci imajinasi yang paling seru untuk anak saat ada cerita dan permainan. Pada acara ini ada beberapa dunia dalam satu dunia besar, yakni petualangan di dunia air, angin, pasir, dan hutan. “Pengalaman mendongeng, mendengarkan cerita bersama orangtua dituangkan ke dalam taman bermain ini," kata Ariyo.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak