alexametrics

Begini Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

loading...
Begini Cara Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami
Rambut rontok tidak datang tiba-tiba, dan dapat dikontrol pada tahap awal. / Foto: Friday Magazine
A+ A-
JAKARTA - Secara alami, rambut rontok tidak bisa disembuhkan. Meskipun begitu, hal tersebut masih bisa diobati dengan perawatan lanjutan seperti PRP, transplantasi rambut, dan jarum mikro.

Menjalani perawatan semacam itu merupakan keputusan yang besar. Jika diberi pilihan, semua orang lebih memilih menumbuhkan rambut mereka secara alami.

Rambut rontok tidak datang tiba-tiba, dan dapat dikontrol pada tahap awal. Mengecilnya garis rambut, penipisan rambut, dan bercak botak bisa menjadi tanda-tanda rambut rontok.



Seperti dikutip Times of India, ahli bedah transplantasi rambut di Medlinks, dr. Gaurang Krishna mengungkapkan jika ada beberapa cara yang dapat dilakukan seseorang untuk mencegah kerontokan rambut. Dan berikut cara-cara yang bisa Anda coba.

1. Konsultasi dengan yang ahli

Tanda-tanda awal kerontokan rambut adalah penipisan pada rambut. Ketika rambut Anda mulai jarang dan lebih tipis volumenya, Anda harus sedikit berhati-hati. Kunjungi ahli yang dapat mengakses kondisi dan membantu Anda dengan pilihan perawatan.

2. Fokus pada diet Anda

Apa yang Anda makan dapat memiliki efek besar pada rambut Anda. Sertakan jenis protein dan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin A, C, D, zat besi dan biotin dapat memperlambat proses pertumbuhan rambut, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut di masa depan.

3. Minum suplemen

Menurut dr. Gaurang, biasanya saat diet kita akan kekurangan banyak zat gizi mikro dan protein. Dengan menambahkan beberapa suplemen dapat membantu memperkuat rambut yang sudah ada. Dia juga menyarankan suplemen seperti biotin, seng, kalsium pantothenate, vitamin D, asam lemak omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Dosisnya pun berbeda untuk masing-masing orang. Maka dari itu berkonsultasi dengan dokter adalah suatu keharusan sebelum mengambil segala bentuk suplemen untuk rambut.

4. Kurangi stres

Percaya atau tidak, stres bisa menjadi faktor utama kerontokan rambut. Hormon yang dilepaskan oleh tubuh di bawah tekanan dapat merusak siklus pertumbuhan. Cobalah untuk meminimalkan stres dengan bermeditasi, berolahraga, dan mempertahankan pola makan yang baik.

5. Ubah produk sampo dan cara pemakaiannya

Jika Anda mengalami rambut rontok lebih dari biasanya, Anda mungkin perlu mengganti sampo yang lain. Ada banyak produk yang bisa menangani masalah kerontokan pada rambut. Pastikan juga Anda keramas secara teratur dan tidak terlalu sering. Menurut dr.Gaurang, tergantung pada jenis rambutnya, seseorang harus membatasi keramas hingga 2-3 kali seminggu.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak