alexametrics

Keluarga “Berries” yang Kaya Gizi

loading...
Keluarga “Berries” yang Kaya Gizi
Foto/huffingtonpost.com
A+ A-
JAKARTA - Buah dengan kata “berry” di belakang namanya ada beragam jenisnya seperti bilberry, blackberry, blueberry, cranberry, drewberry, huckleberry, lingonberry, cowberry, foxberry, redberry, mulberry, raspberry, dan strawberry. Hanya, yang populer dan biasa dikonsumsi masyarakat di dunia ada lima yakni blackberry, blueberry, cranberry, raspberry, dan strawberry. Kelompok buah dari “keluarga” berries ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Sayang, tingkat konsumsi buah berries masih sedikit sekali di Indonesia. Hal ini disebabkan banyak masyarakat yang belum memahami manfaat buah berries. Selain buah kelompok ini sulit didapat di Indonesia karena hanya tumbuh di tempat yang berbeda-beda di luar Indonesia, buah berries juga tergolong cukup mahal dibandingkan buah-buahan kategori tropis.

Sebagian besar buah berries mengandung anthocyanin, ellagic acid, dan flavonoid yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah berries juga terkenal akan kandungan serat serta mineral yang tinggi seperti magnesium, potassium, dan mangan. Kandungan serat yang tinggi tentu bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Magnesium dan potassium penting bagi kesehatan sistem saraf serta metabolisme tubuh. Sedangkan mangan berperan penting dalam melindungi sel dari radikal bebas akibat polusi, asap rokok, makanan, dan lain-lain.
Berikut manfaat lima buah berries paling populer bagi tubuh kita:
Keluarga “Berries” yang Kaya Gizi

1. Blueberry. Buah berries berwarna biru keunguan yang memiliki daging buah berwarna putih ini berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area subtropis. Blueberry mengandung zat gizi anthocyanin, mangan, vitamin B6, vitamin K, dan serat yang dapat memberikan efek baik pada kesehatan. Satu cangkir sari buah blueberry (143 gram) mengandung 3,6 gram serat. Sebuah studi dari University of Michigan Cardivaskular Center menyebutkan, buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
Keluarga “Berries” yang Kaya Gizi
2. Cranberry. Buah berries berbentuk bulat dan mungil serta berwarna merah ini sangat terkenal di Amerika. Cranberry mengandung zat gizi anthocyanin, phenolic acid, dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, cranberry juga mengandung vitamin C, serat, mangan, vitamin K, serta vitamin E yang baik untuk kecukupan gizi sehari-hari. Secangkir sari buah cranberry (100 grm) mengandung 4,6 gram serat, hampir memenuhi 20% angka kecukupan serat harian. Ini baik untuk kesehatan saluran pencernaan.
Keluarga “Berries” yang Kaya Gizi
3. Strawberry. Buah berwarna merah dan dapat ditemui di berbagai negara ini mengandung zat gizi anthocyanin, phenolic acid, vitamin C,mangan, serta fiber. Strawberry mengandung kadar vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen. Kandungan serat di dalam satu cangkir (144 gram) strawberry adalah tiga gram, sudah berkontribusi 10% terhadap asupan serat harian.
Keluarga “Berries” yang Kaya Gizi
4. Raspberry. Tanaman buah ini dapat tumbuh di negara beriklim lembab. Buah berwarna merah ini mengandung zat gizi ellagic acid, flavonoid, vitamin C, potassium, dan serat yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin K dan vitamin E pada raspberry juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah sekaligus menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Selain itu, raspberry juga kaya akan serat yang dapat membantu kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh. Satu cangkir (123 gram) raspberry bakal memberikan sekitar 1/3 kebutuhan serat harian.
Keluarga “Berries” yang Kaya Gizi
5. Blackberry. Buah berries berwarna ungu tua ini biasa tumbuh di belahan bumi bagian utara, di wilayah subtropis seperti Amerika Utara dan Eropa. Selain nikmat karena rasanya yang manis, blackberry juga mengandung zat gizi ellagic acid, anthocyanin, vitamin E, vitamin K, mangan, magnesium, kalsium, dan vitamin C. Sama seperti raspberry, satu cangkir blackberry (144 gram) sudah membantu memenuhi 1/3 kecukupan serat harian.

(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak