alexametrics

Remedi untuk Bibir Kering

loading...
Remedi untuk Bibir Kering
Foto/lorealparisusa.com
A+ A-
JAKARTA - Banyak faktor yang menyebabkan bibir terlihat tidak sehat seperti kesalahan penggunaan kosmetik, perubahan cuaca ekstrem, merokok, atau mengonsumsi alkohol, sehingga terkadang Anda menjadi tidak percaya diri untuk tampil di depan publik. Adapun cara efisien yang sering kali dipilih adalah dengan menggunakan lip balm untuk melembapkannya. Namun, tidak sedikit yang sering membeli produk ini secara sembarangan tanpa memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Alih-alih dapat memperbaiki, hal itu malah membuat bibir menjadi semakin kering. Maka, inilah beberapa kandungan penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli lip balm.

1. Tabir surya.
Bukan hanya kulit wajah yang perlu terhindar dari buruknya sinar ultraviolet, namun juga bibir. Bawalah selalu lip balm di dalam tas, khususnya saat akan beraktivitas di luar ruangan karena perannya bakal menggantikan fungsi sun block. Perhatikan juga kadar tingkatan SPF yang ada. Semakin rendah SPF, semakin rendah pula kemampuannya untuk menangkal sinar matahari.

2. Moisturizer.
Bibir kering dan pecah-pecah menandakan bahwa Anda kekurangan protein keratin yang menjadi sumber utama pembentuk kulit manusia. Lip balm dengan kandungan moisturizer tentu akan mengembalikan protein tersebut agar bibir menjadi lembap dan halus. Selain itu, nilai Ph pada lip balm juga turut memberikan efek cerah pada bibir. Soal nutrisinya, jelas moisturizer memiliki banyak kandungan bahan-bahan organik di dalamnya.



3. Vitamin E.
Berfungsi sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas, vitamin E menjadi begitu penting untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu, terbukti pula dalam meningkatkan elastisitas dan mencegah struktur bibir menjadi berkerut. Kelembaban kulit pun dapat terjamin dengan jumlah vitamin E yang cukup, karena mampu melindungi sel-sel yang rusak pada bagian bibir. Juga berguna membantu proses regenerasi radikal menjadi vitamin.

4. Mineral.
Selain melalui asupan makanan dan minuman, mineral juga membantu proses pelembapan pada bagian kulit luar. Khususnya pada bibir yang tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga mudah menjadi kering. Dengan adanya kandungan mineral pada lip balm, akan membuat bibir terlihat lebih merekah. Selain itu, bibir mampu beregenerasi secara sempurna yang tentu saja sangat bermanfaat bagi para perokok dan peminum alkohol.

5. Oil.
Semua orang pasti sudah tahu dengan kemampuannya yang dapat melembutkan dan mengenyalkan kulit bibir. Namun, tak sekadar itu, ternyata oil juga dapat mentransformasikan warna bibir yang menghitam menjadi lebih cerah dan tampak merah alami. Oleh karena itu, tidak salah jika kini banyak brand yang memproduksi lip balm dengan menjadikan minyak zaitun sebagai kandungan utamanya.

6. Aloe vera.
Bagi yang mengalami bibir kering sampai pada tahap ekstrem, biasanya akan merasakan pecah-pecah dan juga terdapat sejumlah luka pada lapisan kulit bibir. Maka, untuk memulihkan peradangan kulit yang telah terjadi, aloe vera dapat meningkatkan aliran darah pada bagian yang luka sehingga membuat pemulihan menjadi lebih cepat.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak