3 Cara Menguji Kemurnian Madu

Sabtu, 23 November 2019 - 10:12 WIB
3 Cara Menguji Kemurnian Madu
3 Cara Menguji Kemurnian Madu
A A A
JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh, sifat penyembuhan dan kemampuannya untuk melawan infeksi dingin, batuk, juga mengatasi masalah tenggorokan dalam sekejap.

Madu juga berfungsi sebagai peretasan hebat untuk mengurangi kalori, jika Anda menjalankan misi penurunan berat badan dan hal ini dilakukan tanpa harus mengurangi asupan manis. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari madu, sangat penting untuk mengetahui kemurniannya.

Berhati-hatilah, bahkan jika ada label madu berbunyi 'organik' atau 'alami', Anda tidak begitu saja percaya. Pasalnya, bisa saja ada tambahan lain, seperti pelarut sederhana, seperti gula, tepung jagung, larutan glukosa atau pewarna makanan. Oleh karena itu, tidak selalu sesederhana kedengarannya mengklaim madu itu murni!

Untuk memastikan bahwa madu yang Anda konsumsi itu benar-benar murni, alami dan bebas dari racun tambahan, selalu buat titik untuk membaca label di bagian belakang dan memeriksa daftar bahan.

Namun, risiko pemalsuan menjadi tinggi dan di sini ada empat cara sederhana, efektif, dan benar-benar aman untuk memeriksa kemurnian botol madu. Bagiamana mengetahui madu itu murni?

1. Cuka dan madu
Cuka dan madu yang dicampur bersama bisa menjadi cara mudah untuk mengetahui madu palsu dari madu murni. Untuk melakukan tes ini, cobalah mencampurkan beberapa tetes madu ke dalam larutan air cuka. Jika campuran mulai berbusa, itu mungkin merupakan tanda bahwa kualitas madu telah terkontaminasi.

2. Tak mudah terbakar
Cara lainnya, madu tidak akan terbakat ketika terkena segala jenis panas atau api. Untuk melakukan tes ini, cobalah mencelupkan batang korek api/ kapas ke dalam madu, kemudian menyalakannya. Jika terbakar, itu berarti kualitas madu Anda murni. Madu palsu mungkin tidak menunjukkan hasil yang konsisten atau terbakar dengan baikkarena fakta bahwa kelembapan atau fermentasi yang mungkin mempengaruhi kualitas dan rasanya.

3. Tes air

Cara lain yang sangat sederhana dan efektif untuk menguji apakah kualitas madu Anda murni atau tidak adalah dengan melakukan tes air. Sifat-sifat "madu murni" akan memastikan bahwa ia tidak sepenuhnya larut dalam air, setelah dicampur dan sebagai gantinya, membutuhkan beberapa upaya untuk larut. Jika madu Anda dibubuhi gula atau glukosa, itu akan meninggalkan jejak putih.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8863 seconds (0.1#10.140)