Angela Tanoesoedibjo Ungkap Pariwisata Indonesia Berkembang Pesat, Naik ke Posisi 22 dari 119 Negara

Kamis, 26 September 2024 - 20:07 WIB
loading...
Angela Tanoesoedibjo...
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengatakan pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami berkembang pesat. Foto/ MPI
A A A
BANDUNG - Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terus mengalami perubahan dan berkembang pesat. Hal itu diungkap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo di acara Wisuda Poltekpar NHI Bandung di Graha I Gede Ardika, Kampus Poltekpar NHI Bandung, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Kamis (26/9/2024).

"Pascapandemi Covid-19, pariwisata Indonesia semakin disorot, khususnya terkaitan isu-isu keberlanjutan, termasuk lingkungan," kata Wamenparekraf.

Angela menyatakan, sebagai peningkat ekonomi masyarakat lokal sehingga isu-isu melestarikan budaya dan adat serta teknologi pun mengambil peranan besar dalam pariwisata ekonomi kreatif.

"Kami mencanangkan berfokus pada pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Sektor (pariwisata) ini masih menjadi salah satu penyumbang devisa di Indonesia. Bahkan, tahun lalu pariwisata itu mencapai 3,9 persen PDB Indonesia. Lalu, ekonomi kreatif juga berhasil mencapai ekspor produk 23,96 miliar dollar," tutur Angela.

Pariwisata Indonesia, kata Angela, naik 10 peringkat dalam Travel and Tourism Development Index, naik peringkat 22 dari 119 negara berdasarkan laporan World Economic Forum. Prestasi itu membuktikan kepercayaan dan kepopuleran pariwisata Indonesia terus meningkat.

"Kunjungan wisatawan mancanegara semester 1 ini capaiannya hampir 7 juta kunjungan. Kami optimistis bisa menutup tahun jauh lebih baik dari sebelumnya," tutur Angela.

Angela pun mengingatkan kepada para wisudawan NHI Bandung jika mereka berada di sektor yang tepat dengan peluang begitu besar meski tantangan masih ada lantaran dunia akan terus berubah.

"Proses belajar tak pernah berhenti. Maka teruslah berkembang secara karakter dan keilmuan di NHI Bandung. Bawalah ke dunia kerja dan teruslah berkembang. Kami harap semoga para wisudawan NHI Bandung bisa terus menjadi kontributor signifikan dalam mengembangkan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif agar semakin berkelanjutan serta membuka lapangan pekerjaan baru di sektor ini," ucap Angela.

Angela menyebut NHI Bandung sejak awal telah menjadi salah satu pelopor dalam dunia pariwisata. Ke depan, NHI Bandung pun diyakini akan terus berinovasi khususnya dari sisi pariwisata berkelanjutan.

Lulusan Poltekpar NHI Bandung terserap dengan baik oleh pasar kerja, baik dalam maupun luar negeri karena kualitasnya tak diragukan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)