alexametrics

5 Kebiasaan Sehat yang Justru Berbahaya bagi Kesehatan

loading...
5 Kebiasaan Sehat yang Justru Berbahaya bagi Kesehatan
Pernah berpikir bahwa kebiasaan sehat yang Anda lakukan, sebenarnya justru dapat menjadi tidak sehat bagi Anda. Salah satunya sikat gigi berlebihan. Foto/Istimewa.
A+ A-
NEW DELHI - Pernahkah Anda berpikir bahwa kebiasaan sehat Anda sebenarnya dapat menjadi tidak sehat bagi Anda suatu saat? Kebiasaan seperti mengonsumsi vitamin harian, sikat gigi, atau berolahraga bisa masuk dalam daftar tidak sehat ketika dilakukan secara berlebihan.

Seperti dilansir Times of India, ada 5 kebiasaan sehat yang dapat merugikan kesehatan Anda, jika Anda tidak berhati-hati:

1. Konsumsi vitamin dalam dosis tinggi
Suplemen vitamin dosis tinggi dapat menjadi bumerang bagi kesehatan Anda. Orang yang megkonsumsi vitamin dosis tinggi (empat kali dari jumlah yang diperlukan) lebih rentan terkena kanker. Ini terjadi karena pertumbuhan sel yang normal dapat dihilangkan ketika orang mengambil terlalu banyak multivitamin untuk waktu yang lama. Ingatlah untuk tidak memilih merek yang melebihi 100 persen dari nilai harian untuk nutrisi apapun, kecuali secara khusus dokter Anda meminta Anda untuk mengkonsumsinya.



2. Minum terlalu banyak anggur
Anda harus membaca di banyak tempat bahwa segelas anggur setiap hari meningkatkan kesehatan jantung. Tetapi penting untuk tetap menggunakan satu gelas (4 ons) sehari.

Sebuah studi yang dilakukan American Journal of Cardiology menemukan bahwa orang yang minum anggur untuk jantung yang sehat. Tapi, minum terlalu banyak anggur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penambahan berat badan dan meningkatkan risiko stroke.

3. Eksfoliasi
Pengelupasan kulit adalah teknik yang terbukti untuk menghilangkan kotoran, minyak dan sel-sel mati dari kulit. Ini juga membantu antioksidan dan bahan-bahan lain menembus lebih dalam ke kulit. Tetapi menggosok terlalu banyak dapat membuat kulit Anda kering dan teriritasi.

Orang-orang dengan kulit kering harus tetap menggosok hanya seminggu sekali dan orang-orang dengan kulit berminyak dapat melakukannya dua kali seminggu.

4. Sikat gigi
Pernahkah Anda melihat beberapa orang melakukan sikat gigi hingga setengah jam dengan berdiri di balkon atau berkeliaran di rumah? Kami harap Anda bukan salah satu dari mereka. Ini dapat merusak enamel pada gigi dan mendorong gusi Anda kembali.

Sikat gigi berlebihan dapat menyebabkan masalah gigi yang mungkin memerlukan beberapa perawatan serius. Sebanyak 10 hingga 20 persen orang dewasa merusak gigi mereka akibat menyikat gigi berlebihan. Gunakan sikat dengan bulu lembut dan buat garis-garis pendek saat menyikat.

5. Berolahraga

Kita semua tahu berolahraga setiap hari penting untuk kesehatan yang baik dan umur panjang. Ini melindungi suasana hati, meningkatkan kesehatan jantung dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Banyak dari kita tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup yang seharusnya kita lakukan, tetapi sebagian kecil dari kita berlebihan melakukannya. Ini karena tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pemulihan setelah latihan yang berat.

Itulah mengapa penting untuk memberi diri Anda istirahat setelah sesi berolahraga yang panjang dan intensitas tinggi. Berolahraga terlalu banyak tidak akan memberi Anda manfaat tambahan dan bahkan dapat menyebabkan cedera.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak